Ternyata Ini 5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kesehatan

bunga saffron

BOGOR-TODAY.COM – Tahu Ngga sih, Bunga Saffron disebut-sebut sebagai rempah paling mahal di dunia lho. Mengapa demikian? Karena untuk memproduksi dan menanam Bunga Saffron ini membutuhkan banyak tenaga.

Bunga Saffron atau biasa disebut kuma-kuma ini biasa dipergunakan untuk rempahrempah. Rempah yang berasal dari bunga Crocus Sativus ini memiliki kepala tiga putik yang terletak distal terhadap daun buah.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa Bunga Saffron ini ternyata sudah digunakan sejak zaman dahulu, karena dianggap memiliki manfaat kesehatan. Apa saja manfaat Bunga Saffron? Simak berikut di bawah ini.

Manfaat Bunga Saffron

  • Antioksidan

Rempah yang satu ini terbukti mampu melawan radikal bebeas dan stress oksidatif. Karena saffron memiliki kandungan antioksidan, yakni krosin dan krosetin yang merupakan senyawa pada warna merah tersebut.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Cumi Bakar Bumbu Nanas dengan Bumbu Asam Segar yang Meresap

Kandungan dalam saffron yang sudah umum diketahui adalah sebagai antioksidan. Bahkan rempahrempah yang satu ini terbukti bisa menurunkan kolesterol dan mencegah pembuluh darah tersumbat. Sehingga mampu membantu menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

  • Melawan Kanker

Krosin yang merupakan antioksidsan utama yang ada di dalam saffron membuat sel kanker lebih sensitive terhadap obat kemoterapi. Maka dari itu, Bunga Saffron disebut berpotensi dalam memberantas sel kanker usus besar.

  • Kurangi Nafsu Makan
BACA JUGA :  Rio Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Cidereum, Diduga Karena Kelelahan

Mengapa Bunga Saffron disebut bisa mengurangi nafsu makan? Karena jika mengonsumsi ekstrak saffron dapat merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan atau ngemil bisa berkurang. Maka dari itu, Bunga Saffron ini dapat membantu turunkan berat badan.

  • Baik bagi Kesehatan Kulit

Selanjutnya, manfaat Bunga Saffron lainnya adalah untuk kesehatan kulit. Jika menggunakan bahan skincare dari saffron disebut-sebut dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, mengurangi jerawat, dan mengatasi noda hitam pada kulit.

Itulah tadi beberapa manfaat Bunga Saffron untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mengonsumsi rempah Bunga Saffron ini untuk kehidupan sehari-hari. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================