Pembangkit Nuklir Fukushima Jepang Mendadak Mati, Ini Kata Pakar Nuklir Korea Selatan

Pabrik Fukusima Jepang
Sebelumnya pabrik itu lumpuh pada Selasa minggu lalu, di tengah kekhawatiran tentang keamanan air, hal itu yang membuat pakar nuklir Korea Selatan turun. (FOTO : Yonhap/ The Korea Herald)

BOGOR-TODAY.COM – Sebuah tim ahli Korea Selatan akan memulai inspeksi dua hari terhadap rencana pelepasan air radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Jepang.

Sebelumnya pabrik itu lumpuh pada Selasa minggu lalu, di tengah kekhawatiran tentang keamanan air, hal itu yang membuat pakar nuklir Korea Selatan turun.

Tim beranggotakan 21 orang, dipimpin oleh Ketua Komisi Keselamatan dan Keamanan nuklir Yoo Guk-hee dari Korea Selatan.

BACA JUGA :  Lontong Tetap Segar dan Awet Hingga 2 Hari, Ini Dia Rahasianya

Akan mengunjungi pabrik mulai Selasa pagi untuk memeriksa sistem pemurnian khusus pabrik, yang dikenal sebagai ALPS, dan menilai apakah air yang diolah cukup aman untuk dilepaskan ke dalam laut.

Tim juga akan fokus memeriksa fasilitas yang terkait dengan tangki K4, yang dirancang untuk menyimpan dan melakukan pengukuran zat radioaktif.

Pada hari Senin, para ahli mengadakan pertemuan empat jam dengan pejabat Jepang dari Tokyo Electric Power Co., operator pembangkit listrik yang rusak.

BACA JUGA :  Rendah Fluktosa, 4 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes

Serta kementerian industri dan Otoritas Regulasi nuklir, regulator nuklir utama negara itu juga mengalami kerusakan.

Delegasi tersebut dijadwalkan untuk melakukan diskusi teknis mendalam berdasarkan temuan mereka Kamis sebelum kembali ke rumah keesokan harinya.

============================================================
============================================================
============================================================