MUI Kabupaten Bogor Adakan Seleksi PKU, 132 Peserta Diuji Lisan dan Tulisan

BOGOR-TODAY.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor mengadakan ujian seleksi masuk Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke 17 di kantor MUI, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 3 Juni 2023.

Ketua Komisi Pendidikan MUI Kabupaten Bogor KH. Encep Junaedi mengatakan, para calon kader ulama itu diuji secara tulisan maupun lisan.

“Seperti saat saya menguji qiroatul kutub hampir semua calon peserta bisa. Bahkan ada peserta yang pekerjaannya sebagai konsultan IT dan konsultan keuangan tapi dia mampu baca kitab kuning, bagus itu,” kata KH. Encep Junaedi.

Ujian Lisan tersebut dibagi ke dalam empat tahap yakni tes motivasi, tes Al-Qur’an hadis, tes baca kitab kuning dan tes bahasa arab.

BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

“Intinya saya sangat bersyukur bisa menjadi salah satu tim penguji seleksi PKU ini,” ujar Kyai Encep.

Sementara, Ketua Lembaga Pengkajian Keagamaan dan Pemberdayaan Umat (LPKPU) Ahmad Zulfiqor, menjelaskan, rekrutmen PKU angkatan ke 17 berjumlah 132 peserta dari berbagai utusan, seperti dari 40 MUI Kecamatan, pondok pesantren, SKPD, dan Ormas Islam.

“Dengan berbagai macam profesi, ada guru, pimpinan pesantren, pimpinan lembaga pendidikan, konsultan IT, konsultan keuangan salah satu Bank Syariah di Indonesia. Hampir 90 persen latar belakangnya adalah santri atau pernah mengenyam pendidikan di pesantren,” tungkas dia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Ditempat yang sama, salah satu peserta utusan MUI Kecamatan Babakan Madang, Hateami Muhammad Rizal Fahmi menceritakan motivasi mendaftar PKU.

“Saya teringat pesan dari Guru saya jangan pernah berhenti belajar dan mencari ilmu. Maka melalui PKU ini saya ingin belajar lagi. Tujuannya ingin mengembangkan dakwah Islam Ahlussunah Waljamaah,” ucapnya. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Mutia Dheza Cantika

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================