Darurat Sampah
Sampah liar yang tersebar di pinggir Jalan Raya Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Mutia/Bogortoday)

BOGOR-TODAY.COM, BOGORDarurat sampah di Kabupaten Bogor kian menjadi kritik pedas oleh sejumlah tokoh di Bumi Tegar Beriman. Tak terkecuali Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor sebagai lembaga pengawasan.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor daerah pemilihan (dapil) IV, Usep Saefulloh merasa dongkol dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dirasa tidak mampu dalam menangani permasalahan sampah yang semrawut.

Darurat sampah semakin tidak terkendali di Kabupaten Bogor. Kepala DLH tak mampu memanange sampah,” kata Usep Saefulloh, Kamis 8 Juni 2023.

BACA JUGA :  Kecelakaan Agya Oleng di Pangkalan Bun Kobar Tabrak Pembatas Jalan lalu Terbalik

Ia mengatakan, Pemda sendiri telah mencanangkan gerakan dengan membuat peraturan hukum terkait pengelolaan sampah yang ada di kawasan Kabupaten Bogor.

“Kita sudah sama-sama buat Perda nomor 2 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah. Kalau belum cukup, gunakan perda nomor 8 tahun 2006 tentang ketertiban umum,” ucap Usep.

Kritik ini buka semata-mata hanya diungkapkan olehnya melainkan Usep melihat secara langsung bahwa, banyak sampah yang berserakan saat dirinya melewati Jalan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  6 Langkah Keluar Grup Whatsapp dengan Sopan

“Kita lihat secara langsung setiap hari, di sepanjang jalan menuju TPAS Galuga, baik arah pertigaan jalan baru atau arah Leuwiliang, sampah masih banyak yang berserakan di tengah jalan,” tegas dia.