Pemkab Bogor Pastikan Hewan Kurban Bebas Dari Virus Lato-Lato Menjelang Idul Adha

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor memastikan hewan kurban terbebas dari virus lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD). (Foto: Istimewa)

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor memastikan hewan kurban terbebas dari virus lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Muliadi mengatakan, pihaknya turun langsung melakukan pengecekan kesehatan hewan di sejumlah peternakan serta, pedagang hewan kurban.

“Mengingat saat ini telah terjadi kasus penyakit lato-lato yang menyerang sejumlah hewan ternak di sejumlah wilayah di Indonesia. Itu dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan qurban,” kata Muliadi dalam keterangannya.

BACA JUGA :  Erupsi di Gunung Semeru Jatim, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

Ia menyebut, pengecekan hewan kurban di wilayah Kabupaten Bogor ini digencarkannya sejak H-30. Dengan melibatkan 50 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), kata dia, Diskanak akan rutin melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban hingga hari raya Idul Adha tiba.

“Menjelang hari raya Idul Adha tim Diskanak Kabupaten Bogor rutin melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban. Baik di peternakan juga lapak-lapak penjual hewan kurban,” papar dia.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Ikan Tude Bakar yang Lezat dan Sedap Bikin Menggugah Selera

Dalam hal ini, Muliadi menghimbau agar masyarakat memilih hewan kurban yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan atau petugas Diskanak dengan  bukti Surat Keterangan Kesehatan Hewan Qurban (SKK HQ).

Hewan Kurban

Sementara itu, Sub Koordinator Kesehatan Masyarakat Veteriner, Diskanak Kabupaten Bogor, Hardy Herdiawan mengungkapkan bahwa, pihaknya kini sudah menyebar tim dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di enam wilayah Kabupaten Bogor.

============================================================
============================================================
============================================================