Kanada Mulai Tinggalkan AIIB, Berusaha Lepas Dari Klaim Dominasi Komunis China

KANADA_AIIB
Menteri Keuangan Chrystia Freeland mengumumkan, langkah tersebut setelah Bob Pickard dari Kanada, direktur komunikasi global AIIB, mengundurkan diri dari pekerjaannya. (FOTO : Aljazeera)

BOGOR-TODAY.COM – Kanada mengatakan pihaknya membekukan hubungan dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang dipimpin China.

Sementara itu menyelidiki klaim oleh mantan anggota staf senior Kanada bahwa institusi tersebut didominasi oleh Partai Komunis China.

Menteri Keuangan Chrystia Freeland mengumumkan, langkah tersebut setelah Bob Pickard dari Kanada, direktur komunikasi global AIIB, mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Selain mengundurkan diri dan mengkritik bank AIIB tersebut sebagai didominasi oleh Partai Komunis China.

Freeland mengatakan dia tidak mengesampingkan hasil penyelidikan, sebuah petunjuk bahwa Ottawa dapat keluar dari bank yang secara resmi bergabung pada Maret 2018.

“Pemerintah Kanada akan segera menghentikan semua aktivitas yang dipimpin pemerintah di bank tersebut,” kata Freeland, seperti mengutip dari Aljazeera.com.

“Dan saya telah menginstruksikan Departemen Keuangan untuk memimpin peninjauan segera atas tuduhan yang diajukan dan keterlibatan Kanada dalam AIIB,” imbuh Freeland.

BACA JUGA :  Bantu Turunkan Berat Badan dengan Rutin Minum Jus Apel, Benarkah? Simak Ini

AIIB, yang dianggap oleh sebagian orang sebagai saingan China dari Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, didirikan pada 2016 untuk membiayai perkeretaapian dan infrastruktur lainnya.

Ini memiliki 106 negara anggota termasuk sebagian besar negara Asia dan Australia, Kanada, Rusia, Prancis, dan Inggris. Baik Jepang maupun Amerika Serikat bukan anggota.

AIIB menolak kritik Pickard yang berusia 58 tahun sebagai tidak berdasar dan mengecewakan dan mengatakan bangga dengan staf yang mewakili 65 negara yang berbeda.

Kedutaan Besar China di Ottawa mengatakan klaim tersebut adalah sensasi murni dan kebohongan yang luar bisa.

Pickard, yang bekerja dengan AIIB yang berbasis di Beijing selama 15 bulan, mengatakan di Twitter bahwa mengundurkan diri adalah satu-satunya pilihannya sebagai orang Kanada yang patriotik.

BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Takluk dari Jepang

Dia mengeluh bahwa bank tersebut didominasi oleh pembobol Partai Komunis yang seperti KGB atau Gestapo atau Stasi internal polisi rahasia Uni Soviet, Jerman Nazi, dan Jerman Timur era komunis.

Bank memiliki salah satu budaya paling beracun yang bisa dibayangkan. Saya tidak percaya bahwa kepentingan negara saya terlayani oleh keanggotaan AIIB-nya,” tambah Pickard.

Langkah atas AIIB terjadi di tengah berlanjutnya keretakan hubungan antara Ottawa dan Beijing, yang memburuk setelah Kanada menangkap seorang eksekutif senior Huawei.

Dengan surat perintah penangkapan AS pada Desember 2018, dan beberapa hari kemudian China menangkap dua orang Kanada, akhirnya menuduh spionase mereka.

============================================================
============================================================
============================================================