Seperti Apa Hukuman Yang Pantas Untuk Mantan Presiden AS Donald Trump

DONALD TRUMP-1
Penyelidik dari Biro Investigasi Federal yang menggeledah properti Harold Martin di Maryland pada 2016 lalu menemukan dokumen rahasia.  (FOTO : Aljazeera)

BOGOR-TODAY.COM – Kasus yang menyeret nama mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus bergulir dan kianmemanas.

Lantas, jika terbukti bersalah, hukuman apa yang pantas bagi mantan presiden AS Donald Trump yang kian kontroversial.

Penyelidik dari Biro Investigasi Federal yang menggeledah properti Harold Martin di Maryland pada 2016 lalu menemukan dokumen rahasia.

Termasuk materi paling rahasia pun ditemukan berserakan di rumah, mobil dan gudang penyimpanannya.

Tidak seperti mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional tidak menentang tuduhan tersebut.

Dia akhirnya mengaku bersalah pada tahun 2019, mengakui tindakannya salah, ilegal, dan sangat dipertanyakan.

Tetapi ekspresi penyesalan dan pengakuan bersalahnya atas satu tuduhan penyimpanan informasi pertahanan nasional yang disengaja tidak menghindarkannya dari hukuman berat sembilan tahun penjara.

Penyelesaian kasus itu tampak sebagai pedoman yang tidak menyenangkan untuk bahaya hukum yang dapat dihadapi Donald Trump saat ia menghadapi 37 tuduhan kejahatan.

Termasuk 31 di bawah undang-undang Spionase Act berusia seabad yang digunakan untuk menuntut Martin dan terdakwa lain yang diduga secara ilegal menyimpan dokumen rahasia.

BACA JUGA :  Kebakaran di Sumedep Hanguskan Gudang Pabrik Mebel

Bahkan banyak orang seperti Martin yang telah mengaku bersalah dan menerima tanggung jawab telah dijebloskan ke penjara selama bertahun-tahun.

“Ketika mereka memutuskan untuk mengejar kasus kesalahan penanganan yang disengaja, itu untuk mengirim pesan, bahwa kami menangani kasus ini dengan sangat serius,” kata Michael Zweiback.

Seorang pengacara pembela dan mantan jaksa Departemen Kehakiman itu menambahkan, bahwa mereka hampir selalu mencari waktu untuk memenjarakan Donald Trump.

Berapa banyak waktu penjara yang bisa dihadapi mantan presiden jika ada hukuman tidak mungkin untuk dikatakan.

Keputusan seperti itu pada akhirnya sebagian besar tergantung pada hakim pengadilan dalam hal ini, orang yang ditunjuk Donald Trump yang telah menunjukkan kesediaan untuk memerintah dan mendukungnya.

Juga sulit untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor lain termasuk komplikasi logistik dan politik dari pemenjaraan mantan presiden yang mungkin berperan.

Pelanggaran Undang-Undang Spionase dapat dihukum hingga 10 tahun penjara, meskipun jarang pelanggar federal pertama kali mendekati maksimum.

Tetapi di luar penyimpanan dokumen rahasia Trump, jaksa juga telah mengidentifikasi beberapa faktor yang memberatkan dalam dugaan perilaku mantan presiden.

Menuduhnya berusaha meminta orang lain termasuk pengacara dan pembantunya untuk menyembunyikan catatan dari penyelidik.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 5 Mei 2024

Tidak hanya itu, bahkan memamerkan beberapa dokumen rahasia, menunjukan dokumen itu kepada orang-orang.

Tuduhan lain dalam dakwaan, termasuk konspirasi untuk menghalangi keadilan, menuntut hingga 20 tahun penjara.

Jaksa Departemen Kehakiman dalam beberapa tahun terakhir telah menggunakan ketentuan Undang-Undang Spionase terhadap berbagai terdakwa.

Termasuk seorang wanita West Virginia yang menyimpan dokumen NSA terkait dengan masalah militer dan politik pemerintah asing.

Elizabeth Jo Shirley mengaku bersalah pada tahun 2020 atas hitungan retensi yang disengaja dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara.

Bulan ini, seorang pensiunan perwira intelijen Angkatan Udara bernama Robert Birchum dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Setelah mengaku bersalah menyimpan file-file rahasia di rumahnya, tempat tinggal perwira luar negerinya, dan pod penyimpanan di halaman rumahnya.

Banyak terdakwa mengaku bersalah, daripada diadili, meski tidak semua masuk penjara.

Donald Trump yang juga menghadapi dakwaan terkait pembayaran uang tutup mulut di pengadilan negara bagian New York tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa dia dapat menuju kesepakatan pembelaan.

============================================================
============================================================
============================================================