Inilah 3 Golongan Yang Berhak Menerima Daging Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

DAGING HEWAN KURBAN
Adapun hewan kurban yang bisa dijadikan kurban di Hari Idul Adha yaitu sapi, kerbau, unta, dan kambing atau domba. (FOTO : Dok. Bogor Today)

BOGOR-TODAY.COM – Tidak lama lagi umat Muslim seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H /2023.

Selain melaksanakan sholat Id, umat Muslim juga disunahkan untuk ibadah menyembelih hewan kurban di Hari Idul Adha 1444 H sebagaimana dalam Alquran surat Al Kautsar ayat 1-2 yang bunyi:

“Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berkurbanlah atau memotong hewan kurban.”(QS. Al Kautsar:1-2).

Adapun hewan kurban yang bisa dijadikan kurban di Hari Idul Adha yaitu sapi, kerbau, unta, dan kambing atau domba.

BACA JUGA :  Ayah di Purwerejo Tega Perkosa Anak Kandung, Kini Hamil 8 Bulan

Usai proses penyembelihan hewan kurban selesai, daging kurban kemudian dibagi-bagikan kepada golongan yang berhak menerima.

Lantas, siapa saja golongan yang berhak menerima daging hewan kurban? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

 

Golongan yang Berhak Menerima Daging Kurban

Diketahui, ada beberapa golongan yang berhak menerima daging hewan kurban menurut syariat Islam sebagaimana dalam Alquran surat Al Hajj ayat 28, yang bunyi ayatnya sebagai berikut.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Ajak Para Transporter dan Pengusaha Tambang Perkuat Aturan Pembatasan Jam Operasional Angkutan Truk Khusus Tambang

“Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan mereka agar menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Dia berikan kepada mereka berupa hewan ternak.

Maka makanlah sebagai darinya (dan sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al Hajj: 28)

============================================================
============================================================
============================================================