Jaga Warisan Budaya, Ribuan Anak Ramaikan Pagelaran Seni Tari dan Penca Kolosal di Kota Bogor

Pagelaran Seni budaya Sunda yang diikuti ribuan anak di Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM –  Sebanyak 1.082 anak masing-masing 541 penari dari 18 sanggar dan 541 pesilat dari 25 padepokan di Kota Bogor ngibing bareng Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam acara pagelaran seni, tari dan penca kolosal dalam rangka Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 di Alun-alun Kota Bogor, pada Sabtu 24 Juni 2023.

Sebelum ngibing, Bima Arya bersama lima pesilat Kota Bogor memperagakan beberapa gerakan pencak silat.

“Ini contoh menjaga pusaka kota, seperti ini. Diturunkan dan diwariskan secara turun temurun. Saya bangga dan bahagia melihat anak-anak, mulai dari SD, SMP hingga SMA memakai kebaya dan memakai pangsi bersama-sama ngibing, jaipong dan silat dengan luwes. Itu membanggakan sekali,” kata Bima Arya.

BACA JUGA :  Dapat Bantuan Pompa Air, Hery Antasari Dorong Kemandirian Pangan

Gandrung K-Pop atau budaya luar, menurut Bima Arya tidak dilarang, tetapi seni budaya tradisional Sunda khususnya dan Indonesia umumnya yang telah diwariskan dari masa ke masa memiliki pesona yang luar biasa.

Suguhan atraksi seni budaya tradisional tari dan pencak lengkap dengan pakaian, tata rias, atribut dan aksesoris hingga perlengkapan lainnya menurut Bima Arya merupakan sesuatu yang luar biasa.

BACA JUGA :  Awas! Ternyata Ini 5 Sayuran Yang Megandung Tinggi Gula

“Melihat anak-anak cantik pakai jaket, itu biasa. Melihat pemuda pakai jas, itu juga biasa. Melihat pemuda pemudi pakai kebaya dan pangsi, itu luar biasa. Hari ini saya bahagia karena kalian luar biasa, saya merasa bangga sekali. Tidak ada yang lebih berharga daripada kita bersama-sama menjaga pusaka warisan budaya, karena dengan menjaganya adalah hal yang luar biasa. Dan siapa lagi yang akan menjaganya kalau bukan kita semua,” jelas Bima Arya.

============================================================
============================================================
============================================================