Aplikasi Srikandi Wujudkan Pemerintah Kabupaten Bogor Berbasis Elektronik

APLIKASI SRIKANDI_KABUPATEN BOGOR
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). (FOTO : Diskominfo Kab. Bogor)

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten Bogor mengimplementasikan aplikasi srikandi untuk mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Hal ini sebagai wujud implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bogor yang mulai idterapkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meresmikan peluncuran aplikasi Srikandi di Hotel M-One, Sukaraja, Selasa 27 Juni 2023 lalu.

Burhanudin menjelaskan, penggunaan aplikasi Srikandi dalam tata persuratan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor merupakan bagian dari implementasi SPBE sebagai upaya untuk beradaptasi dengan kecepatan perkembangan teknologi.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 14 Mei 2024

Aplikasi Srikandi menjadikan sistem surat menyurat terintegrasi secara elektronik sehingga semakin mudah, cepat,” kata Burhanudin.

“Dan akurat mulai dari proses pembuatan, penandatanganan, pengiriman, termasuk penyimpanan dokumen menjadi lebih efisien dan terstruktur,” jelas Burhanudin.

Ia menambahkan, pemerintah Kabupaten Bogor dapat memonitor status surat secara real-time, mengurangi risiko kehilangan atau tumpang tindih data.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Sehingga akan meningkatkan transparansi, efektivitas dan efisiensi dalam tata kelola pemerintahan Kabupaten Bogor yang baik.

Dengan pengelolaan arsip yang baik, tata kelola birokrasi pemerintahan jadi semakin profesional sehingga mendukung kepada upaya pencapaian tujuan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat jadi semakin prima.

“Saya perintahkan kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Bogor agar segera menggunakan aplikasi Srikandi di dinasnya,’ kata dia.

============================================================
============================================================
============================================================