Ratusan Ribu Penduduk Havana Terdampak Kekeringan Air, Begini Kondisi Penduduknya

KEKERINGAN AIR_HAVANA
Kekurangan terkait dengan infrastruktur pulau yang menua dan jompo mempengaruhi antara 100.000 dan 200.000 warga Havana terdampak kekeringan. (FOTO : Aljazeera)

BOGOR-TODAY.COM – Lebih dari 100.000 penduduk Havana mengalami kekeringan tanpa air saat musim panas di Karibia, meningkatkan ketegangan di jalan-jalan ibu kota Kuba saat pemerintah yang dilanda krisis berebut mencari solusi.

Kekurangan terkait dengan infrastruktur pulau yang menua dan jompo mempengaruhi antara 100.000 dan 200.000 warga Havana terdampak kekeringan.

Atau sebanyak 10 persen dari populasi kota Havana terdampak kekeringan dan sangat membutuhkan bantuan air bersih.

Menurut pejabat setempat, Kekurangan air disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stasiun pompa bermotor yang rusak, pipa bocor, dan kekeringan akibat perubahan iklim.

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Telur Gulung Sayuran Andalan Keluarga Tercinta

Ini adalah yang terbaru dari daftar panjang masalah yang memperumit kehidupan sehari-hari, kata Annia Batista, 37, seorang penduduk tua Havana, saat dia menggosok piring di bawah keran plastik yang hanya menetes.

“Sudah berhari-hari kami tidak memiliki air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Ini situasi yang sangat buruk,” kata Batista.

Negara yang dikelola komunis itu sedang mengalami salah satu krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa, dihantam oleh sanksi keras Amerika Serikat, mabuk pandemi virus corona, dan pariwisata yang menggelepar.

BACA JUGA :  Mengikuti Halal Bihalal Forsesdasi, Sekda Burhanudin Ingatkan Pentingnya Kerja Sabilulungan

Makanan, obat-obatan, dan bahan bakar tidak banyak tersedia, dan inflasi yang melonjak telah membuat sedikit yang tersedia di luar jangkauan banyak orang.

Kekurangan dan gangguan air sudah umum terjadi di provinsi-provinsi terpencil, di mana infrastruktur kuno.

Dan kekeringan yang sama memaksa banyak orang untuk bergantung pada truk tangki air atau sungai, sungai, dan sumur dangkal setempat.

============================================================
============================================================
============================================================