toilet mewah di Sumenep
Penampakan toilet mewah di Sumenep seharga 125 juta rupiah. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMViral, toilet mewah di Sumenep memiliki anggaran mencapai Rp 125 juta per toilet yang dibangun di 15 sekolah dasar di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Atas viralnya toilet di Sumenep itu membuat keprihatinan di kalangan masyarakat, salah satunya Rektor Universitas Bahauddin Mudhari (Uniba) Madura, Profesor Rachmad Hidayat.

Ia mengungkapkan pentingnya program-program skala prioritas dalam masalah pendidikan di Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Pabrik Antena di Panyileukan Bandung

“Yang menjadi fokus sebenarnya adalah manfaat yang diperoleh. Di lingkungan kampus, kami lebih memprioritaskan perbaikan ruang kuliah bagi mahasiswa daripada toilet,” ungkap Rachmad kepada wartawan, Sabtu 8 Juli 2023.

Rachmad menyatakan bahwa masih banyak gedung sekolah dasar negeri yang mengalami kerusakan saat ini. Idealnya, pemerintah harus lebih fokus memperbaiki kondisi ruang kelas siswa daripada memprioritaskan pembangunan toilet.

BACA JUGA :  Komisi IV DPRD Kota Bogor dan Disdik Rumuskan Kebijakan Baru Soal PPDB

“Saya melihat banyak hal yang kurang memadai. Bocor atap SD, retak dinding, dan fasilitas yang minim. Seharusnya, ini yang menjadi fokus utama. Dana sebesar Rp 125 juta sangat bermanfaat untuk memperbaharui ruang kelas siswa,” tambahnya.

============================================================
============================================================
============================================================