jajanan tradisional khas Bandung
Colenak. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – 5 jajanan tradisional khas Bandung yang patut dicoba kala Anda menjelajah Kota Bandung.

Ada banyak jajanan tradisional yang masih dijajakkan di sudut-sudut Kota Bandung dengan rasa yang menggugah selera.

Melansir beberapa sumber, berikut 5 jajanan tradisional khas Bandung yang patut dicoba.

  1. Lotek/Karedok

Lotek atau karedok merupakan makanan tradisional bandung berbahan dasar utama sayuran. Biasanya sayuran yang digunakan bermacam-macam seperti toge, kol, daun singkong, labu siam dan beberapa sayuran lainnya.

Sayuran-sayuran tersebut dilumuri bumbu kacang ditambah kencur dan beberapa rempah lainnya. Karedok dan lotek pada dasarnya memiliki bahan yang sama hanya dibedakan dari sayurannya, lotek berbahan sayuran matang, sementara karedok berbahan sayuran mentah.

Namun keduanya memiliki rasa yang lezat dan wajib dicoba ketika melancong ke Bandung.

  1. Bandros
BACA JUGA :  Menu Makan Malam Simple dengan Tumis Suun dan Buncis yang Lezat dan Bikin Nagih

Bahan utama bandros adalah campuran tepung dengan parutan kelapa yang dimasak menggunakan cetakan berbentuk setengah lingkaran.

Cemilan tradisional ini memiliki rasa yang gurih dan lebih lezat apabila dimakan saat masih hangat. Bandros bandung banyak dijual oleh pedagang yang berkeliling jalan kaki di sudut-sudut kota Bandung.

  1. Surabi

Bahan dasar surabi tidak jauh berbeda dengan bandros, yaitu campuran tepung dengan parutan kelapa. Proses pembuatannya juga hampir mirip yakni dipanggang menggunakan bara.

Namun biasanya, surabi dipanggang menggunakan bara arang dengan cetakan terbuat dari tanah liat. Surabi tradisional hanya memiliki satu rasa yakni gurih. Tapi saat ini banyak dikembangkan sehingga rasa yang ditawarkan juga beragam.

  1. Colenak

Nama colenak merupakan akronim dari dicocol enak. Bahan utama dari cemilan ini adalah tape singkong yang dipanggang menggunakan bara arang.

BACA JUGA :  126 Atlet Kota Bogor Siap Berlaga di POPWIL I Jabar

Sesuai dengan akronimnya, tape singkong panggang dicocolkan kepada bumbu terbuat dari kelapa dan gula merah. Tidak jarang, pedagang melumuri tape singkong panggang oleh bumbu manis tersebut.

  1. Peuyeum

Peuyeum bandung merupakan makanan berbahan baku dari singkong yang difermentasi. Makanan ini sudah menjadi khas bandung sejak zaman dahulu, sehingga banyak dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota kembang.

Peuyeum bisa langsung dimakan, atau juga bisa diolah menjadi makanan lain, baik dengan cara dipanggang atau digoreng. Rasanya yang manis dengan sedikit asam membuat rasanya menjadi enak di lidah.

Demikian 5 jajanan tradisional bandung yang wajib untuk dicoba ketika menjelajah sudut-sudut Kota Bandung. (net)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================