pendaki asal Malaysia
Ilustrasi pendaki. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM, INDIA – Para pendaki asal Malaysia yang sebelumnya dilaporkan hilang di wilayah utara India yang dilanda banjir telah dikonfirmasi dalam keadaan selamat.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu 12 Juli 2023, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan bahwa Komisi Tinggi Malaysia di New Delhi mendapatkan informasi bahwa para pendaki tersebut aman di Manali, sebuah kota di Himachal Pradesh.

Kementerian mengklarifikasi bahwa hanya sepuluh orang Malaysia yang terlibat, sementara dua anggota kelompok lainnya adalah warga negara Cina dan Inggris. Laporan sebelumnya menyatakan bahwa 12 pendaki yang hilang adalah warga negara Malaysia

BACA JUGA :  Diduga Karena Salah Paham, Warga Palembang Dibacok Tetangga

Kementerian berhasil menghubungi salah satu pendaki asal Malaysia melalui Komisi Tinggi.

“Mengikuti perkembangan ini, Komisi Tinggi Malaysia di New Delhi akan berusaha untuk membawa kelompok tersebut ke New Delhi pada hari Kamis, 13 Juli 2023.

“Jika rencana evakuasi berjalan lancar, kelompok tersebut diharapkan dapat mengambil penerbangan kembali ke Malaysia pada hari yang sama,” menurut pernyataan tersebut.

BACA JUGA :  Cekcok dengan Istri, Pria di Makassar Bakar Rumah Mertua

“Kementerian ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan langsung yang diberikan oleh otoritas pemerintah India dalam upaya menemukan semua warga Malaysia.”

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan bahwa Komisi Tinggi diberitahu bahwa kelompok yang dimaksud sedang berpartisipasi dalam ekspedisi petualangan di Hampta Pass di Himachal Pradesh.

============================================================
============================================================
============================================================