Matching Fund-Kedaireka 2022, Desa Binaan Universitas Pakuan Produksi Madu Olahan Lebah Teuweul Hingga Raih Penghargaan

Produksi Madu Olahan Lebah Teuweul dari Desa binaan Universitas Pakuan.

BOGOR-TODAY.COM – Universitas Pakuan (Unpak) telah melakukan beragam inovasi dalam kegiatan Edu Tourism Digital Sustainable Village melalui program Matching Fund-Kedaireka yang sudah berjalan pada bulan Juli hingga Desember 2022 lalu.

Guna mewujudkan berbagai inovasi, Unpak melalui tim Matching Fund-Kedaireka melakukan pendampingan di Desa Kreatif Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

Dalam merealisasikan beragam inovasinya itu, Unpak memiliki empat program besar yaitu: pembuatan video virtual tour terkait Desa Kreatif Bojong, proses pembuatan web edu tourism, pembuatan market place, dan teknologi smart farming.

Inovasi tersebut tentunya akan memiliki dampak positif bagi para pelaku ekonomi kreatif di desa tersebut. Salah satu produk yang tengah dikembangkan yaitu Madu Teuweul, madu dari lebah tanpa sengat (lebah trigona), kini dinamai Madu Kuningan (Makun).

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bogor Ucapkan Terimakasih Kepada Bima dan Dedie di Acara Pisah Sambut

Produk tersebut adalah salah satu produk unggulan dari Desa Kreatif Bojong. Produk madu olahan itu, tak hanya menjadi produk unggulan di desa, melainkan menjadi UMKM unggulan Kabupaten Kuningan, bahkan hingga ke tingkat provinsi.

“Aneka produk madu dan olahan dari Taman Lebah Kuningan ini memiliki potensi besar untuk menjadi UMKM unggulan Kabupaten Kuningan bahkan Jawa Barat jika dikelola dan dikembangkan dengan baik. Ini akan menjadi salah satu fokus kami dalam pendampingan dan pembinaan program Matching Fund-Kedaireka,” Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Selain itu, guna menjangkau pasar dan meningkatkan potensi ekonomi desa tersebut, Unpak melahirkan inovasi berupa media transaksi yang disebut BOS (Bojong Online Shop). Dengan beragam upaya yang telah dilakukan melalui tim MF-Kedaireka Universitas Pakuan berhasil membangkitkan potensi di Desa Kreatif Bojong.

Rumah teuweul dengan produk madunya berhasil meraih predikat terbaik se-Jawa Barat katergori minuman dalam ajang UMKM Juara Jawa Barat Award 2022 lalu. Prestasi tersebut tidak hanya mengharumkan nama desa, Unpak sebagai pendamping memiliki peran penting dalam pencapaian tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================