BERCAK PUTIH SUSU, APAKAH ITU VITILIGO?

Oleh : dr. Ricky Julianto

BULAN Juni diperingati sebagai Bulan Vitiligo. Hari Vitiligo Sedunia jatuh pada tanggal 25 Juni. Sudah tahukah Anda apa itu vitiligo?

Vitiligo adalah sebuah kondisi dengan gangguan pigmentasi kulit yang ditandai adanya bercak putih pada kulit penderitanya.

Sebuah penelitian dari Krüger dan Schallreuter pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa ada sekitar 0.5 – 2 % prevalensi penderita vitiligo di seluruh dunia.

Untuk prevalensi penderita vitiligo di Indonesia belum ada data yang pasti, namun diperkirakan tidak berbeda jauh dari prevalensi penderita vitiligo di dunia.

Di dalam kulit manusia terdapat sel melanosit. Sel ini bertugas untuk menghasilkan melanin yang berfungsi untuk memberi warna pada kulit.

Pada penderita vitiligo, sel melanosit ini rusak sehingga tidak ada pigmen melanin pada kulit. Keadaan tidak adanya pigmen ini akan terlihat sebagai bercak putih pada kulit di bagian tubuh penderita vitiligo.

BACA JUGA :  Kesal dengar Tangisan, Bapak Muda Usia 18 Tahun di Empat Lawang Bunuh Bayi Kandung

Penyebab pasti dari kondisi vitiligo ini belum diketahui. Namun, ada beberapa teori yang telah dikemukakan sebagai alasan mengapa seseorang dapat menderita vitiligo.

Sebuah ulasan dari Bergqvist dan Ezzedine pada tahun 2020 tentang vitiligo telah merangkum beberapa teori tentang penyebab rusaknya sel melanosit pada penderita
vitiligo.

Teori yang pertama adalah genetik. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa adanya bukti yang kuat antara faktor genetik dengan perkembangan vitiligo.

Sekitar 20% penderita vitiligo memiliki anggota keluarga tingkat pertama yang juga mengalami kondisi ini.

Risiko relatif vitiligo bagi kerabat tingkat pertama dapat meningkat sekitar 7 hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan populasi umum. Teori yang kedua adalah stress oksidatif.

BACA JUGA :  Edgar Rangga Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Fingerboard 2024

Stress oksidatif adalah sebuah fenomena yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh.

Peristiwa inilah yang merupakan awal dalam penghancuran melanosit. Teori yang ketiga adalah imunitas alami (innate immunity) dan imunitas adaptif.

Aktifasi imunitas alami ini muncul setelah adanya sinyal stress dari sel melanosit. Sehingga muncul antibodi yang memicu penghancuran melanosit.

Gejala yang ada pada penderita vitiligo adalah munculnya bercak berwarna pudar hingga putih susu.

Bercak putih ini dapat muncul di bagian kulit mana saja, dan tidak
menular.

============================================================
============================================================
============================================================