Bos Twitter Ellon Musk
Bos Twitter Ellon Musk

BOGOR-TODAY.COMBos Twitter Ellon Musk telah meluncurkan logo barunya, dengan mengganti burung biru di situs webnya dengan huruf X sebagai bagian dari rebranding yang lebih luas.

Situs jaringan media sosial ini pada hari Senin menunjukkan logo baru perusahaan: tanda X berwarna putih dengan latar belakang hitam.

Pemilik Twitter, Elon Musk, dan Chief Executive Officer-nya, Linda Yaccarino, meluncurkan logo baru untuk jaringan media sosial tersebut.

“X telah hadir! Mari kita lakukan ini,” cuit Chief Executive Officer Twitter Linda Yaccarino.

Logo baru ini merupakan perubahan terbaru sejak Musk membeli platform media sosial ini senilai 44 miliar dolar AS tahun lalu.

Pada hari Minggu, miliarder Twitter ini mengatakan dalam serangkaian postingan bahwa ia ingin melakukan perubahan di seluruh dunia secepatnya pada hari Senin.

Musk menulis di Twitter: “Dan segera kami akan mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan, secara bertahap, semua burung”.

Transformasi ini lebih merupakan cara bagi Musk untuk memberikan ciri khasnya kepada perusahaan, kata Tom Morton, kepala strategi global di agensi periklanan R/GA. “Perubahan nama dan logo Twitter tidak ada hubungannya dengan pengguna, pengiklan, atau masalah pasar. Ini adalah simbol bahwa Twitter adalah milik pribadi Elon Musk.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Lepas Kafilah MTQ ke Kabupaten Bekasi

“Dia menaklukkan kastil, sekarang dia mengibarkan benderanya sendiri.”

Menuai beragam reaksi

Logo baru ini mengundang reaksi beragam dari para pengguna dan memicu kebingungan tentang apa yang akan disebut sebagai tweet, sementara para pakar pemasaran dan branding mengatakan bahwa perubahan nama ini berisiko membuang nama Twitter yang telah dikenal selama bertahun-tahun.

“Hanya sedikit merek yang telah menjadi kata kerja atau sering disebut di berbagai media global seperti halnya Twitter,” ujar Matt Rhodes, pimpinan strategi di agensi kreatif House 337, yang telah bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Inggris, Sky.

“Apa pun yang membuat orang lebih sulit untuk menemukan, atau ingin membuka aplikasi di layar ponsel mereka yang berantakan berisiko merugikan penggunaan,” katanya.

BACA JUGA :  Marsinah, Aktivis yang Tewas Misterius saat Perjuangkan Hak Buruh

Fernando Machado, yang sebelumnya menjabat sebagai chief marketing officer di Activision Blizzard, Restaurant Brands International, dan Burger King, mengatakan bahwa rebranding biasanya memerlukan waktu untuk meresap, meskipun

“sebagai pengguna Twitter, saya akui bahwa saya sudah merindukan burung kecil itu. Saya rasa pendekatan baru ini terasa agak dingin dan tidak personal,” ujarnya.

Di luar kantor pusat Twitter di San Francisco pada hari Senin, polisi menghentikan para pekerja konstruksi yang hendak mencopot papan nama Twitter dalam sebuah adegan. Di salah satu sisi gedung, hanya tersisa burung biru dan huruf “er”.

“#GoodbyeTwitter” menjadi trending di platform tersebut dengan mengacu pada logo lama karena beberapa pengguna mengkritik logo baru.

Pada hari Minggu, Musk melakukan jajak pendapat kepada jutaan pengikutnya di Twitter mengenai apakah mereka akan mendukung perubahan skema warna situs tersebut dari biru menjadi hitam.

============================================================
============================================================
============================================================