kebakaran hutan
Puluhan Orang Tewas saat Kebakaran Hutan Melanda Pulau Maui di Hawaii. Foto : Alan Dickar/AP Photo

BOGOR-TODAY.COM – Sedikitnya 36 orang telah tewas dan beberapa ribu penduduk mengungsi dari rumah mereka ketika kebakaran hutan yang dipicu oleh angin menghancurkan sebagian besar kota resor Lahaina di pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (10/8/2023)

“Ketika upaya pemadaman kebakaran terus berlanjut, 36 korban tewas telah ditemukan hari ini di tengah-tengah kebakaran Lahaina yang masih aktif,” kata pemerintah daerah Maui dalam sebuah pernyataan.

Kebakaran mulai terjadi pada hari Selasa, membuat rumah-rumah, bisnis, dan utilitas berisiko, serta lebih dari 35.000 orang di pulau Maui, Badan Manajemen Darurat Hawaii mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Kebakaran, yang disebarkan oleh angin kencang dari Badai Dora, membuat penduduk yang putus asa melompat ke laut untuk menghindari api yang bergerak cepat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan kobaran api merobek-robek jantung kota tepi pantai dan mengepulkan asap hitam.

“Kami baru saja mengalami bencana terburuk yang pernah saya lihat. Seluruh Lahaina hangus terbakar. Ini seperti kiamat,” kata warga Lahaina, Mason Jarvi, yang berhasil melarikan diri dari kota.

Lebih dari 270 bangunan rusak atau hancur di Lahaina.

“Sebagian besar Lahaina di Maui telah hancur dan ratusan keluarga setempat telah mengungsi,” kata Josh Green, gubernur kota bersejarah berpenduduk 12.000 jiwa yang populer di kalangan wisatawan.

Adam Weintraub, dari Badan Manajemen Darurat Hawaii, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa daerah-daerah yang hancur menyerupai “zona perang”.

“Beberapa rekaman udara yang kami lihat dari daerah tersebut mengingatkan saya pada foto-foto dari Dresden dari Perang Dunia II,” kata Weintraub, merujuk pada kota Jerman yang hampir hancur total akibat pengeboman Sekutu.

BACA JUGA :  Pemkot Bogor Kembali Raih WTP 8 Kali Berturut-turut

Ia mengatakan bahwa bantuan tambahan telah mencapai daerah-daerah yang terkena dampak pada hari Kamis. Namun, kebakaran tersebut mempengaruhi akses dan komunikasi di beberapa daerah, sehingga mempersulit layanan penyelamatan dan pengiriman bantuan.

Sedikitnya 2.100 orang ditampung oleh Palang Merah Amerika di pulau Maui pada hari Rabu dan upaya evakuasi sedang berlangsung. “Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah, Palang Merah Amerika dan rekan-rekan kami di Honolulu untuk membantu memindahkan pengunjung dan penduduk yang mengungsi di pulau Maui dan menemukan akomodasi lain atau pengaturan perjalanan,” tambah Weintraub.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================