kebakaran hutan
Puluhan Orang Tewas saat Kebakaran Hutan Melanda Pulau Maui di Hawaii. Foto : Alan Dickar/AP Photo

BOGOR-TODAY.COM – Sedikitnya 36 orang telah tewas dan beberapa ribu penduduk mengungsi dari rumah mereka ketika kebakaran hutan yang dipicu oleh angin menghancurkan sebagian besar kota resor Lahaina di pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (10/8/2023)

“Ketika upaya pemadaman kebakaran terus berlanjut, 36 korban tewas telah ditemukan hari ini di tengah-tengah kebakaran Lahaina yang masih aktif,” kata pemerintah daerah Maui dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA :  Penemuan Jasad Pria Tergeletak di Trotoar Simpang Sentul, Luka Robek Dibagian Punggung

Kebakaran mulai terjadi pada hari Selasa, membuat rumah-rumah, bisnis, dan utilitas berisiko, serta lebih dari 35.000 orang di pulau Maui, Badan Manajemen Darurat Hawaii mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Kebakaran, yang disebarkan oleh angin kencang dari Badai Dora, membuat penduduk yang putus asa melompat ke laut untuk menghindari api yang bergerak cepat.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan kobaran api merobek-robek jantung kota tepi pantai dan mengepulkan asap hitam.

BACA JUGA :  Kecelakaan Mobil Pikap di Kendal Terbalik ke Sawah, Angkut Wisatawan

“Kami baru saja mengalami bencana terburuk yang pernah saya lihat. Seluruh Lahaina hangus terbakar. Ini seperti kiamat,” kata warga Lahaina, Mason Jarvi, yang berhasil melarikan diri dari kota.

Lebih dari 270 bangunan rusak atau hancur di Lahaina.

============================================================
============================================================
============================================================