Pemerintah Kota New York Segera Hapus Aplikasi TikTok

Ilustrasi TikTok.

BOGOR-TODAY.COM – New York bergabung dengan negara bagian dan lembaga federal untuk melarang TikTok dari perangkat milik pemerintah. Keputusan pada Rabu (16/8/2023) itu, didasarkan pada masalah keamanan sehingga beberapa akun TikTok yang dikelola oleh pemerintah Kota New York harus dihapus.

Jonah Allon, selaku juru bicara Wali Kota New York Eric Adams, mengatakan bahwa komando siber kota menetapkan jika aplikasi tersebut akan menimbulkan ancaman keamanan terhadap jaringan teknis kota. Instansi pemerintah kota harus menghapus aplikasi TikTok dalam waktu 30 hari dan karyawan akan kehilangan akses ke TikTok dan situs webnya dari perangkat dan jaringan milik kota.

BACA JUGA :  Pria di Denpasar Bunuh Teman Kencan, Diduga Kesal Ditagih Uang Tambahan

Akun TikTok milik Ketua Departemen Sanitasi Kota dan Departemen Pertamanan dan Rekreasi telah memperbarui biodata mereka dengan pesan, “Akun ini dioperasikan oleh New York City (NYC) hingga Agustus 2023. Akun ini tidak lagi dipantau.”

Sejumlah pejabat pemerintah telah membatasi akses ke aplikasi TikTok sebagai reaksi atas kekhawatiran mereka terhadap aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan China, ByteDance.

Melansir The New York Time, aplikasi TikTok dipercaya dapat memberikan akses ke data pengguna yang sensitif kepada Beijing. Negara Bagian New York telah melarang TikTok di perangkat seluler yang dikeluarkan oleh pemerintah selama lebih dari tiga tahun, dengan beberapa pengecualian.

BACA JUGA :  Ciomas Bogor Rawan Pencurian Sepeda Motor, Pelaku Beraksi saat Hujan Deras

Jonah Allon mengatakan dalam sebuah pernyataan, media sosial sangat bagus dalam menghubungkan warga New York dengan satu sama lain dan dengan kota. Akan tetapi, pemerintah harus memastikan bahwa warganya selalu menggunakan platform ini dengan cara yang aman.

“Komando siber NYC secara teratur telah mengeksplorasi dan mengedepankan langkah-langkah proaktif untuk menjaga keamanan data warga New York,” ungkap Allon, dikutip dari Daily Mail.

============================================================
============================================================
============================================================