Fransiscus Go
Ketua Umum Komunitas Literasi Nusantara (KLN), Ferdinandus Wali Ate. Foto : Dokumentasi pribadi.

BOGOR-TODAY.COMKomunitas Literasi Nusantara (KLN) dukung langkah Fransiscus Go bentuk Garda Bajaga dalam upaya melawan human traficking.

Diketahui, human trafficking atau perdagangan orang merupakan tindak pidana serius yang melibatkan eksploitasi fisik, psikologis, dan finansial terhadap individu yang rentan.

Ketua Umum KLN, Ferdinandus Wali Ate menyebut gerakan melawan perdagangan orang sangat penting untuk menjaga martabat manusia dan melindungi hak asasi manusia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Oleh sebab itu, gagasan Garda Bajaga yang diusulkan Fransiscus Go sebagai pemerhati ketenagakerjaan merupakan langkah progresif dalam upaya melawan Human Trafficking.

“Inisiatif ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam memerangi kejahatan mengerikan untuk melindungi korban,” kata Ferdinandus Wali Ate dalam keterangan tertulis yang diterima bogor-today.com, Jumat (25/8/2023) malam.

Dengan adanya pembentukan Garda Bajaga yang fokus khusus pada melawan human trafficking akan memungkinkan koordinasi tindakan yang lebih efektif.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 20 Mei 2024

Dengan demikian, Garda Bajaga dapat berperan sebagai agen perubahan dalam menyebarkan informasi tentang risiko dan ciri-ciri human trafficking kepada masyarakat.

Langkah selanjutnya, sambung dia untuk mendukung proses penegakan hukum terhadap pelaku human trafficking dirinya memiliki program penyuluhan dan pelatihan dapat diselenggarakan secara rutin.

============================================================
============================================================
============================================================