KKN Kelompok 45
Mahasiswa KKN Kelompok 45 UIKA Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM Sikat Kawat di Kampung Singkup, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Dalam upaya mendorong inovasi pada sektor UMKM, mahasiswa dari KKN Kelompok 45 Universitas Ibn Khaldun Bogor telah mengadakan acara sosialisasi yang bertemakan “Meningkatkan Pemasaran Produk Sikat Kawat UMKM melalui Media Sosial di Kampung Singkup” Rabu, (30/8/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di kediaman Ketua RT 02, Kampung Singkup, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan dihadiri oleh Ketua RW 04, Ketua RT 02, pemilik usaha sikat kawat, serta sejumlah pengrajin sikat kawat dan warga setempat.

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Caranya

Sosialisasi ini dipicu oleh fakta bahwa banyak penduduk di RW 04 merupakan pengrajin sikat kawat, dengan sejarah usaha ini yang telah ada selama bertahun-tahun.

Ketua RW 04, Indra Hidayat, menjelaskan bahwa produksi sikat kawat telah menjadi bagian dari tradisi keluarga mereka selama lebih dari setengah abad.

“Usaha produksi sikat kawat di sini telah menjadi warisan turun-temurun, bahkan sudah ada sejak saya masih kecil,” ungkap Indra.

BACA JUGA :  SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Redam Kenakalan Remaja Lewat Aplikasi

Namun demikian, Indra juga mengungkapkan bahwa usaha ini masih bersifat individual dan hanya beberapa orang yang melakukan pemasaran secara konvensional.

“Kebanyakan usaha sikat kawat dijalankan secara perorangan, hanya beberapa orang yang dapat melakukan pemasaran langsung. Mereka masih mengandalkan metode transaksi konvensional, baik pembelian langsung di tempat maupun pemesanan,” tambahnya.

============================================================
============================================================
============================================================