uji emisi
Kendaraan plat merah milik Pemkab Bogor dilakukan uji kelayakan emisi di lingkar stadion Pakansari, Rabu (6/9/2023). Foto Mutia/Bogor-today.com.

BOGOR-TODAY.COM – Ratusan kendaraan plat merah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjalani uji emisi di sekitaran Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Rabu (6/9/2023). Uji emisi tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 2 Tahun 2023 untuk mengurangi polusi udara di wilayah Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa saat ini pengujian emisi difokuskan pada kendaraan dinas dengan plat merah yang dimiliki oleh Pemkab Bogor. Rencananya, pengujian emisi untuk kendaraan pribadi akan dijadwalkan dalam waktu yang dekat.

BACA JUGA :  Kecelakaan Motor Bocah Bonceng Tiga di Pontianak Tabrak Tiang Listrik, 2 Orang Tewas

“Pengujian emisi kendaraan saat ini hanya berlaku untuk kendaraan dinas dalam lingkup pemerintah daerah. Selanjutnya, kami juga akan memeriksa kendaraan umum yang melintasi wilayah pemerintah daerah,” kata Iwan kepada wartawan.

Dari sejumlah kendaraan dinas yang telah menjalani pengujian emisi, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa beberapa di antaranya tidak lulus uji emisi karena menggunakan bahan bakar Pertalite.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Iwan mengakui bahwa mereka telah berkomunikasi dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar kendaraan dinas dengan plat merah menggunakan bahan bakar Pertamax.

“Sebenarnya, PNS sudah diarahkan untuk menggunakan Pertamax yang memiliki oktan lebih tinggi. Sedangkan Pertalite memiliki oktan yang lebih rendah,” ungkapnya.

============================================================
============================================================
============================================================