Lontong Sayur Betawi, Jakarta

Lontong sayur, hidangan tradisional khas Betawi, terdiri dari lontong dengan kuah sayuran dan berbagai sayuran seperti kacang panjang dan labu siam. Sayuran dalam kuahnya kaya akan vitamin A, C, zat besi, dan mineral yang mendukung kesehatan tubuh. Kuahnya yang mengandung santan juga mengandung asam lemak sehat yang baik untuk jantung. Tahu dan tempe dalam hidangan ini memberikan protein yang bermanfaat untuk perbaikan jaringan tubuh.

Rendang Padang, Sumatra Barat

Rendang, makanan khas Sumatra Barat yang populer, dimasak dengan rempah-rempah khas Minangkabau dan santan. Menggunakan daging sapi, rendang mengandung zat besi penting untuk mencegah anemia.

BACA JUGA :  Kejar Target Penurunan Stunting, Kota Bogor Daerah Pertama Dikunjungi Presiden

Rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit dalam rendang memberikan rasa dan manfaat kesehatan. Kayu manis membantu mengontrol tekanan darah dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi. Rendang juga mengandung berbagai mineral seperti fosfor, magnesium, kalsium, dan selenium.

Rujak Cingur Surabaya, Jawa Timur

Rujak cingur adalah hidangan campuran buah, sayuran, dan cingur (mulut sapi). Hidangan ini tinggi serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga perasaan kenyang lebih lama.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Gudang Elpiji di Denpasar

Serat dalam sayuran rujak cingur juga membantu mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan.

Hidangan ini juga memiliki nilai budaya penting di Jawa Timur dan sering disajikan dalam acara tradisional dan perayaan.

Itulah beberapa hidangan khas daerah Indonesia yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menguntungkan bagi kesehatan. ***

Sumber : hypeabis.id

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
======================================
======================================
======================================