bendungan di Kabupaten Bogor
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin. Foto : Mutia/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, mengungkapkan mengenai kesiapan pembangunan dua proyek  bendungan di Kabupaten Bogor, yakni Cibeet dan Cijurey.

Dua proyek ini terletak di Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, dan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan saat ini telah memasuki tahap lelang secara bertahap.

Burhanudin menjelaskan bahwa informasi tentang lelang ini mengindikasikan bahwa prosesnya tidak dilakukan secara menyeluruh. Menurutnya, pembangunan bendungan ini melibatkan beberapa segmen kegiatan, termasuk pembebasan lahan dan tanah untuk dudukan bendungan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

“Informasinya paralel, pengertian lelang itu dudukan tidak seluruhnya. Saya dengar kalau bendungan itu ada segmen kegiatan, ada pembebasan lahan, ada pembebasan tanah untuk dudukan,” kata Burhanudin kepada wartawan, Jum’at (15/9/2023).

Ia menambahkan bahwa pembangunan bendungan Cijurey diperkirakan akan lebih cepat dilaksanakan karena luas lahan yang harus dibebaskan relatif lebih kecil dibandingkan dengan Cibeet.

“Dalam hal ini, Cijurey mungkin akan lebih cepat karena hanya melibatkan lahan seluas 210 hektar, jika tidak salah. Bahkan, ada informasi bahwa di Cijurey terdapat sebagian tanah yang dimiliki oleh salah satu pengembang, yang mencapai lebih dari 10 persen, yang bisa mempercepat prosesnya,” jelas Burhanudin.

BACA JUGA :  Cegah Penularan HIV AIDS, RSUD Leuwiliang Lakukan Penyuluhan Kepada Pasien dan Pengunjung

Selain itu, Burhanudin menyebut bahwa proyek pembangunan waduk Cibeet telah mendapatkan dukungan dari pihak kecamatan dan desa, meskipun masih perlu berunding mengenai harga dengan masyarakat di dua Kecamatan Bogor bagian Timur.

============================================================
============================================================
============================================================