UNESCO
Sumbu Filosofi Yogyakarta

BOGOR-TODAY.COM – Setiap tahun United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO menetapkan beberapa tempat di seluruh dunia sebagai situs kebudayaan bersejarah. Tujuan utama dari penetapan itu adalah untuk mempromosikannya agar lebih dikenal masyarakat dunia.

Pada Rabu (20/9/2023), dalam sidang Komite Warisan Dunia UNESCO di Riyadh, Arab Saudi, 27 Situs Warisan Dunia terbaru telah ditetapkan. Keputusan ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya dan memungkinkan lebih banyak orang di seluruh dunia untuk mengenalnya.

BACA JUGA :  Perumda PPJ Akan Renovasi Pasar Merdeka, Bakal Ada Rooftop Kuliner

Berikut daftar lengkap warisan dunia yang ditambahkan oleh UNESCO.

Hutan Teh Kuno di China

Terletak di Jingmai, China, perkebunan teh ini merupakan peninggalan budaya yang telah ada selama ribuan tahun. Perkebunan itu mencakup ekosistem hutan yang terhubung erat dengan budi daya pohon teh tradisional, desa etnis asli, dan warisan budaya yang kaya.

Makam Gaya Tumuli di Korea Selatan

Wilayah yang saat ini dikenal sebagai Korea Selatan pernah dikuasai oleh kerajaan kecil bernama Gaya. Ratusan gundukan makan dari era Gaya masih dapat ditemukan hingga sekarang.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Putri Juara Runner Up Piala Uber 2024

Koh Ker di Kamboja

Koh Ker adalah kompleks suci yang mencakup banyak kuil dan situs suci, termasuk patung, prasasti, lukisan, dan reruntuhan kuil. Ini adalah satu-satunya Ibu Kota yang berdiri antara 928 hingga 944 Masehi dan menampilkan perencanaan kota yang unik serta penggunaan batu monolitik raksasa.

============================================================
============================================================
============================================================