ratusan hektar sawah di Kabupaten Bogor gagal panen
Ilustrasi. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Sedikitnya 41 kelompok petani (poktan) di wilayah Kabupatn Bogor mengajukan klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.  Klaim tersebut imbas ratusan hektar sawah di Kabupaten Bogor gagal panen lantaran kekeringan.

Tatang Mulyadi, Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, klaim-kklaim dari para petani sedang dalam proses pengajuan.

BACA JUGA :  Awas! Ternyata Ini 5 Sayuran Yang Megandung Tinggi Gula

Tatang menjelaskan bahwa setiap hektar lahan yang mengalami kegagalan panen akan menerima penggantian sebesar Rp6 juta dari perusahaan asuransi yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

“Yang terpenting, asalkan memenuhi syarat, setiap hektar akan mendapat Rp6 juta sebagai klaim asuransi,” jelasnya, Senin (25/9/2023).

Lahan pertanian yang mengalami kegagalan panen dimiliki oleh 41 kelompok petani dan mencakup wilayah seluas 221 hektar yang tersebar di 11 kecamatan, yaitu Cibungbulang, Cileungsi, Citeureup, Gunungputri, Jasinga, Klapanunggal, Nanggung, Pamijahan, Rumpin, Sukamakmur, dan Tenjo.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Kwetiau Goreng Udang Malaysia yang Menggugah Selera

Sementara itu, Judi Rahmat, Kepala Bidang Perlindungan dan Pelayanan Usaha Distanhorbun Kabupaten Bogor, menjelaskan bahwa selama periode Mei-Agustus 2023, sebanyak 11 ribu hektar lahan pertanian telah diasuransikan.

============================================================
============================================================
============================================================