Pemkab Bogor
Kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ke bendungan Cibeet dan Cijurey. (Foto : Dok. Kementrian PUPR)

BOGOR-TODAY.COMPemkab Bogor dukung pembebasan lahan dua proyek pembangunan bendungan Cibeet dan Cijurey di Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari dan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Melansir laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) KemenPUPR, Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Cibeet dan Cijurey dilelang hingga mencapai Rp 8,9 triliun dengan menggunakan APBN Tahun Anggaran (TA) 2023.

KemenPUPR sendiri membagi tiga paket pekerjaan konstruksi dalam mega proyek bendungan yang berada di wilayah Kabupaten Bogor bagian timur itu.

BACA JUGA :  Karate Internasional di Bangkok, Naufal Putra Diandra Sabet Medali Emas Ajang SeakF Asia ke-11

Bendungan Cibeet, Paket I dengan nilai pagu Rp 2 triliun dan lelangnya dimenangkan oleh PT Nindya Karya. Kemudian, Paket II dengan nilai pagu Rp1,8 triliun dimenangkan PT Pembangunan Perumahan, dan Paket III dengan nilai pagu Rp1,8 triliun dimenangkan PT Waskita Karya.

Sementara, untuk bendungan Cijurey, Paket I dengan nilai pagu Rp1,3 triliun lelangnya dan dimenangkan oleh PT Brantas Abipraya. Berikutnya, Paket II dengan nilai pagu Rp1,1 triliun dimenangkan PT Hutama Karya, dan Paket III dengan nilai pagu Rp1,2 triliun dimenangkan oleh PT Wijaya Karya.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mendukung realisasi pembangunan dua bendungan itu untuk mengatasi kekeringan jangka panjang.

“Daerah kita sifatnya supporting, mudah-mudahan itu (pembebasan lahan) bisa lebih cepat,” ucap Burhanudin kepada wartawan, Senin (25/9/2023).

Bendungan Cibeet sendiri akan dibangun dengan lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua Kecamatan, yaitu Tanjungsari dan Cariu.

============================================================
============================================================
============================================================