2000 hektare hutan pinus
Ilustrasi. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM2000 hektare hutan pinus Loka di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, terbakar. Petugas kini tengah berupaya memadamkan api yang telah terjadi sejak hari Senin (25/9/2023) lalu.

Kejadian kebakaran ini tidak hanya terbatas di Jeneponto, melainkan telah menyebar hingga mencapai hutan pinus Malino di Kabupaten Gowa. Wilayah ini berada di perbatasan antara Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, dan Gowa.

Kepala BPBD, Andi Patoppoi, mengungkapkan bahwa kebakaran yang telah terjadi selama empat hari ini belum berhasil dipadamkan.

BACA JUGA :  Sukoharjo Geger, Penemuan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan Siwal

“Luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 2000 hektare, dan ini termasuk hutan lindung,” kata Andi dikutip dari cnnindonesia.com, Kamis (28/9/2023).

Andi Patoppoi juga menjelaskan bahwa kebakaran telah menyebar ke beberapa titik di hutan pinus Malino, Gowa. Ia menduga, kebakaran dipicu adanya gesekan antara pohon hingga menimbulkan api.

Saat ini, pihak BPBD bersama dengan BPBD Kabupaten Gowa terus berupaya keras untuk memadamkan api yang telah merusak ribuan hektare hutan lindung tersebut.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Upaya tersebut juga bertujuan untuk menjaga agar api tidak mendekat ke pemukiman warga yang berjarak sekitar 5 kilometer dari titik api.

“Upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas gabungan hingga saat ini,” tuntas Andi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================