ChatGPT
ChatGPT

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah situs gelap di dunia maya ditemukan telah menawarkan akses ilegal ke WormGPT, sebuah perangkat artificial intelligence (AI) mirip ChatGPT, tetapi berbahaya.

Pertama kali ditemukan oleh peneliti perusahaan keamanan Kaspersky, karakteristik situs-situs ini menunjukkan kesamaan dengan aktivitas phishing, mulai dari variasi desain hingga mata uang yang digunakan untuk pembayaran. Bahkan, beberapa meminta pembayaran di muka untuk akses uji coba.

BACA JUGA :  Pencuri Sepeda Motor di Bogor Kepergok Warga, Pelaku Bawa Pistol Mainan

Meskipun tidak langsung mengancam pengguna, temuan itu mencerminkan pertumbuhan alternatif dalam komunitas penjahat siber selain model GPT, dan menyoroti perlunya keamanan siber yang kuat.

Komunitas penjahat siber mulai menggabungkan AI dalam operasi bisnis berbahaya mereka, dengan darknet menawarkan berbagai model bahasa yang dirancang untuk tujuan peretasan seperti penyusupan email bisnis, pembuatan malware, serangan phishing, dan lainnya.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Bogor Ingatkan Jaga Netralitas ASN

Salah satu model yang mencolok adalah WormGPT, yang merupakan varian jahat dari ChatGPT. WormGPT tidak terikat oleh batasan tertentu, menjadikannya alat yang efektif bagi penjahat siber yang ingin melancarkan serangan seperti penyusupan email bisnis.

============================================================
============================================================
============================================================