Kampung Perca Kota Bogor Jadi Contoh Pemberdayaan Masyarakat di IKN

pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Warga memproduksi berbagai macam produk kerajinan berbahan kain sisa (perca) di Kampung Perca, Sindangsari, Kota Bogor. (Foto : Aditya/bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian mendampingi kunjungan Kemitraan Habitat ke Kampung Perca di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kamis (28/9/2023).

Dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam itu, Bima Arya dan Yane Ardian mengajak anggota rombongan yang merupakan para senior purna tugas pejabat Kementerian PUPR, para ahli Permukiman dan Arsitektur kota mengunjungi galeri produk Kampung Perca dan diakhiri dengan diskusi kecil.

Saat mengunjungi galeri, kepada para anggota Kemitraan Habitat, Yane Ardian menceritakan awal mula pembentukan Kampung Perca. Kepedulian terhadap lingkungan dengan pemanfaatan dan pengolahan limbah berupa bahan dari konveksi menjadi satu produk bernilai dengan memberdayakan masyarakat, khususnya para ibu melalui latihan menjahit menjadi hal yang mendasari.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

“Yang menarik di sini adalah konsep cinta lingkungan, karena semua yang digunakan limbah kain perca dari konveksi atau pabrik. Alhamdulillah Ibu Erni Wulan yang sekarang menjadi pembina Kampung Perca menggerakkan masyarakat yang sebelumnya tidak bisa menjahit sama sekali,” kata Yane Ardian.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 25 April

Bima Arya menambahkan, saat peresmian, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan untuk dilanjutkan dengan penataan serta pembangunan fasilitas pendukung dengan memanfaatkan kearifan lokal yang hingga saat ini masih terus di  ikhtiarkan yang pada prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sejak diresmikan, banyak pihak yang mengapresiasi dan memberikan dukungan masyarakat Kampung Perca. Disamping dukungan CSR dari berbagai stakeholder sehingga Kampung Perca lebih representatif.

============================================================
============================================================
============================================================