Tim Sepeda BMX Indonesia Sumbang Medali Emas dan Perunggu Asian Games 2022

Atlet Balap Sepeda Indonesia, Jasmine Azzahra Setyobudi (kiri) dan Amellya Nur Sifa pada Asian Games 2023 di nomor BMX putri. (PB ISSI)

BOGOR-TODAY.COM – Tim Indonesia berhasil meraih medali emas di Asian Games 2022. Medali emas keempat diraih pada cabang olahraga sepeda BMX nomor putri.

Medali emas diraih oleh Amellya Nur Sifa. Berlaga di final Moto 3, Sifa memanfaatkan tiga kesempatannya untuk berlari dengan sempurna.

Sifa mencetak tiga poin dengan catatan waktu 44,065 detik untuk putaran pertama, dua poin untuk putaran kedua dengan catatan waktu 43,290 detik, dan satu poin untuk putaran terakhir dengan catatan waktu 43,918 detik.

“Semua obstacle dihadapi dengan sangat bagus dan ternyata strategi ini bisa menghambat laju China untuk mendapatkan medali emas dan perak,” kata Dadang Haris Poernomo, Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia.

Sifa mampu mengalahkan perwakilan dari tuan rumah China. Gu Quanquan mencatat waktu 42.483 detik dan berhasil meraih medali perak, meski hanya mencetak satu poin pada putaran pertama.

BACA JUGA :  Resep Ikan Kembung Kukus, Menu Lezat Simple Untuk Diet

Ia mencetak dua poin pada putaran kedua dengan waktu 41,827 detik dan empat poin pada putaran ketiga dengan waktu 44,964 detik.

“Memang tadi kita melihat bahwa persaingan di putri cukup ketat, di mana dua pebalap China dan dua pebalap Indonesia saling berdekatan poin,” kata Dadang.

Selain medali emas, Jasmine Azzahra Setyobudi juga meraih medali perunggu pada kompetisi yang sama.

Ia mencatat waktu 45.244 detik pada putaran pertama untuk mencetak empat poin, 43.551 detik pada putaran kedua (tiga poin) dan 43.958 detik pada putaran terakhir untuk mencetak dua poin.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat

“Kita atur strategi Sifa dan Jasmin untuk supaya di tempatkan di gate yang tepat untuk menghadapi dua pebalap China. Dan betul, Alhamdulillah Jasmin dan Sifa bisa menjalankan perintah dengan baik dan selama perlombaan mereka tidak ada kendala, cukup lancar semuaya dilalui dengan baik,” ujar Dadang.

Raihan satu emas dan satu perunggu ini menambah perolehan cabang olahraga balap sepeda dari nomor BMX pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia.

Pada ajang tersebut, Indonesia meraih satu perak dari I Gusti Bagus Saputra dan satu perunggu dari Wiji Lestari melalui cabang olahraga disiplin BMX.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================