Indonesia Terpilih Lagi jadi Anggota Dewan HAM PBB, Begini Strateginya

Gedung Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss. twitter.com/UNHumanRights

BOGOR-TODAY.COM – Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan HAM (Hak Asasi Manusia) PBB (DK PBB) antara tahun 2024 – 2026. Pemilihan digelar dalam Sidang Umum PBB, di New York AS, pada Selasa (10/10/2023) waktu setempat.

Indonesia memperoleh 186 suara dari 192 negara anggota PBB yang hadir. Menjadi anggota Dewan HAM PBB, Indonesia mengusung tema Inclusive Partnership for Humanity,” demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (11/10/2023).

BACA JUGA :  Tega! Bayi Berusia 6 Hari Ditempeleng Ayah Kandung di Surabaya

Pemungutan suara anggota Dewan HAM PBB ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury dan Wakil Tetap RI untuk PBB di AS, Arrmanatha Nasir, serta delegasi Indonesia lainnya.

Selain itu, Indonesia berkomitmen menjunjung tinggi HAM dan menjadi bagian dari solusi masalah HAM di dunia.

“Tidak boleh ada negara yang tertinggal dalam hal pemajuan dan perlindungan HAM,” lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, Deputi Wakil Tetap I Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Achsanul Habib, mengungkapkan ada beberapa misi yang dibawa Indonesia jika terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB.

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

“Ada dua konsentrasi yang ingin kita lakukan jika kita terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB. Utamanya adalah kita ingin segera dilakukan langkah-langkah nyata dan konkret dalam hal penguatan kapasitas negara anggota, lewat peningkatkan kerja sama teknis,” kata Habib, kepada awak media beberapa waktu lalu.

============================================================
============================================================
============================================================