gudang kabel Telkom
Kebakaran gudang kabel Telkom di Cibubur. (Beritasatu.com / Achmad Fauzi)

BOGOR-TODAY.COM – Kebakaran yang terjadi di gudang kabel Telkom di Jalan Alternatif Cibubur, Tapos, Depok diduga disebabkan oleh puntung rokok. Indikasi ini muncul karena api berasal dari tengah lokasi kejadian.

Kasie Penyelamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Tesi Haryati, mengatakan bahwa mereka menerima laporan tentang kebakaran pukul 13.40 WIB. Sementara peristiwa ini terdeteksi pada pukul 13.30 WIB.

“Ketika kejadian terjadi, ada tiga pekerja yang berada di lokasi, sedang melakukan mobilisasi. Kami menduga bahwa kebakaran ini disebabkan oleh puntung rokok karena api muncul dari tengah tempat kejadian, bukan karena masalah listrik,” ungkapnya seperti dikutip dari beritasatu.com, Minggu (15/10/2023).

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 2 Mei 2024

Dugaan tersebut diperkuat oleh kesaksian satpam gudang, dan Tesi juga mencatat bahwa area yang terbakar adalah area terbuka, bukan sebuah bangunan.

“Gudang ini sebenarnya seperti area terbuka, bukan bangunan. Kami menduga hal yang sama, dan ini diperkuat oleh pengamatan keamanan di sana. Para pekerja sering merokok saat mereka sedang bekerja,” tambahnya.

BACA JUGA :  KLHK Gelar Kick Off Meeting, Siti Nurbaya Targetkan RPP PPPLH Selesai Juli 2024

Gudang yang terbakar adalah milik PT Fiber Media Indonesia. Memadamkan api menjadi sulit karena kabel yang terbakar terbuat dari serat fiber, yang bisa meleleh dan berkumpul di bawahnya, sehingga menyulut api kembali.

============================================================
============================================================
============================================================