tiga penyakit
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang kerap terjadi ditengah cuaca tak menentu.

Diektahui, beberapa pekan kebelakang, suhu di Kabupaten Bogor seakan tak menentu. Pada siang hari dilanda panas hingga mencapai 36-38 derajat celcius, sementara pada malam hari diguyur hujan.

Mananggapi itu, Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Adang Mulyana menghimbau agar masyarakat menjaga pola hidup sehat di tengah cuaca saat ini.

BACA JUGA :  Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024, Simak Ini

“Penyakit yang biasanya terjadi itu ISPA, diare, dan DBD (Demam Berdarah),” kata Adang Mulyana, Kamis (19/10/2023).

Untuk mengantisipasi serangan penyakit ISPA, kata dia, masyarakat Kabupaten Bogor khususnya harus menerapkan protokol kesehatan kembali, seperti pada masa Covid-19.

Ia juga menyebut, agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin, supaya menjaga daya tahan tubuh serta mencegahnya sedini mungkin.

BACA JUGA :  Monyet Ekor Panjang Turun ke Permukiman Warga dari Puncak Gunung Merapi

“Kita balik ke protokol kesehatan awal seperti covid, cuci tangan rutin, pakai masker. Jaga kondisi tubuh dengan makan makanan bergizi, vitamin, istirahat, daya tahan tubuh yang harus kuat kondisi kayak gini,” papar Adang.

Lanjutnya, apabila ingin terhindar dari  penyakit diare, masyarakat perlu mengatensi perihal kebersihan supaya tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman.

============================================================
============================================================
============================================================