gantung diri
Ilustrasi/Freepik.com.

BOGOR-TODAY.COM – Seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terpaksa mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di dapur rumahnya.

Diduga, siswa yang masih berada di tingkat Kelas X tersebut nekat bunuh diri karena setiap hari dihadapkan pada gangguan oleh penagih utang dari layanan pinjaman online (pinjol).

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan, pelajar tersebut berinisial AI (16) asal Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Tindakan AI diketahui oleh orang tuanya pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Kapolsek Palang Polres Tuban, AKP Carito, mengungkapkan bahwa ayah korban mulai mencari keberadaan anaknya ketika tidak menemukannya di kamarnya. Ketika hendak pergi ke dapur, orang tua korban menemukan anaknya yang sudah meninggal akibat tergantung di dapur rumah mereka.

BACA JUGA :  Komisi IV Minta Study Tour Pelajar Kota Bogor Dihentikan

“Orang tua menemukan AI dalam keadaan tergantung di dapur rumah,” kata AKP Carito dikutip dari beritasatu.com, Jumat, (27/10/2023).

Ketika melihat anaknya menggantung dengan tinggi sekitar 4 meter, orang tua korban sangat terkejut. Petugas dari Polsek Palang segera mendatangi lokasi tersebut untuk melakukan identifikasi.

Hasil pemeriksaan menyimpulkan bahwa pelajar SMK ini meninggal karena bunuh diri dan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.

Terkait alasan AI mengakhiri hidupnya dengan cara ini, dugaan kuat bahwa korban menderita tekanan psikologis karena memiliki utang pinjol sekitar ratusan ribu rupiah.

“Motif yang diduga adalah karena utang dan tekanan dari layanan pinjol. Utangnya sendiri tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp 900.000,” jelas Kapolsek Palang.

BACA JUGA :  126 Atlet Kota Bogor Siap Berlaga di POPWIL I Jabar

Di sisi lain, pihak sekolah membenarkan bahwa AI adalah salah satu murid mereka. Siswa ini dikenal baik dalam kepribadiannya di sekolah dan aktif dalam pelajaran.

Korban diketahui berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, menurut cerita teman sekelasnya, AI mengalami depresi akibat putus cinta dengan pacarnya.

“Menurut teman-teman sekelasnya, AI baru saja mengalami putus cinta dengan pacarnya. Pacarnya juga meminta AI untuk mengembalikan apa yang pernah diberikan padanya. AI adalah anak yang baik, pendiam, dan aktif di sekolah. Wali kelasnya juga memberikan informasi bahwa ia memiliki utang pinjol,” tambahnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================