SEMANGAT SUMPAH PEMUDA UNTUK KEBERHASILAN PILPRES 2024

OPINI_HERU_SUMPAH PEMUDA
Heru B Setyawan penulis opini dengan judul “Semangat Sumpah Pemuda Untuk Keberhasilan Pilpres 2024”. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan

SUDAH 95 tahun peristiwa Sumpah Pemuda kita peringati tiap tanggal 28 Oktober (28 Oktober 1928-28 Oktober 2023) adalah seorang yang bernama Johanna Tumbuan Masdani.

Dirinya dinobatkan sebagai pahlawan perempuan berkat jasanya dalam membacakan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Setelah mengetahui siapa sosok pembaca ikrar Sumpah Pemuda, berikut adalah bunyi ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Ikrar Sumpah Pemuda intinya berisi 3 hal, yaitu satu tanah air Indonesia, satu bangsa Indonesia dan satu bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tiga hal ini sungguh luar biasa, dengan 3 hal ini ditambah dengan ideologi pancasila sebagai dasar negara, maka alhamdulillah sampai sekarang NKRI tetap eksis berdiri dengan kokohnya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Maka agar pelaksanaan Pilpres 2024 berjalan dengan lancar, tertib, jujur, adil dan sukses serta diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tidak ada salahnya semangat Sumpah Pemuda ini kita jadikan pedoman dalam pelaksanaan Pilpres 2024 sebagai pesta demokrasi.

============================================================
============================================================
============================================================