aplikasi populer
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Harap waspada terhadap aplikasi-aplikasi populer di platform Android karena kemungkinan dapat menguras rekening kamu. Informasi ini terungkap dalam laporan terbaru yang dirilis oleh Doctor Web.

Dalam laporan tersebut, beberapa aplikasi Android yang telah diunduh lebih dari 2 juta kali dideteksi sebagai aplikasi yang awalnya menyamar sebagai game atau alat produktivitas, padahal sebenarnya berfungsi untuk mendistribusikan iklan pop-up yang mengganggu dan berpotensi membawa malware.

Celah dalam keamanan ini pertama kali ditemukan oleh Bleeping Computer. Untungnya, aplikasi-aplikasi tersebut sekarang sudah dihapus dari Google Play Store.

BACA JUGA :  Parigi Moutong Diguncang Gempa M4,8, Terasa di Sausu hingga Poso

Namun, jika Anda masih memiliki salah satu dari aplikasi tersebut di perangkat Anda, disarankan untuk segera menghapusnya.

Salah satu aplikasi yang terlibat dalam skema ini adalah Super Skibydi Killer, yang telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Aplikasi ini menawarkan permainan di mana pemain berperan sebagai “pembunuh super” dan berusaha untuk mengalahkan musuh-musuh mereka dalam serangkaian permainan menembak.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, KA Siliwangi Tabrak Motor di Sukabumi, Pasutri Tewas

Setelah diinstal, Super Skibydi Killer dan aplikasi sejenisnya mencoba untuk “menyembunyikan diri” dengan menggunakan ikon layar beranda yang transparan atau menyerupai browser Google Chrome.

Ketika pengguna mengklik ikon tersebut, trojan akan terbuka di browser dan beroperasi secara diam-diam di latar belakang perangkat.

Aplikasi lain yang terlibat dalam skema ini termasuk Agent Shooter, Rainbow Stretch, dan Rubber Punch 3D.

============================================================
============================================================
============================================================