Dies Natalis ke-43
Rektor Unpak Prof. Didik Notosudjono. Foto : bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM – Universitas Pakuan (Unpak) menggelar acara peringati Dies Natalis ke-43 yang berlangsung di Graha Pakuan Siliwangi (GPS), Rabu (1/11/2023).

Pada momen Dies Natalis ke-43 ini Unpak telah menyelenggarakan serangkaian kompetisi olahraga di kalangan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), di antaranya bola volly, bola basket, dan karate.

“Alhamdulillah kita telah menyelenggarakan event olahraga pelajar yaitu lomba bola volly, lomba bola basket dan karate antar pelajar, yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan Unpak kepada para pelajar dan Masyarakat tentunya,” kata Rektor Unpak Prof. Didik Notosudjono saat sambutan Dies Natalis ke-43.

Selain itu pada momen tersebut Rektor menyampaikan beberapa peralihan yang telah dicapai oleh Unpak.

Pada pemeringkatan perguruan tinggi versi Webometric yang diakses oktober 2023, alhamdulillah Unpak naik 69-point dari sebelumnya peringkat 227 pada tahun 2022 naik ke peringkat 158 Nasional di tahun 2023 ini.

Sedangkan pada pemeringkatan EduRank yang dirilis bulan September 2023, Unpak menempati rangking 25 dari 562 Perguruan Tinggi Swasta, dan rangking 75 PTS dan PTN se Indonesia.

Berdasarkan pemeringkatan 4ICU atau Unirank tahun 2023, Unpak berada pada rangking 17 Se Jawa Barat, dan rangking 118 PTN dan PTS yang mengikuti pemeringkatan tersebut.

BACA JUGA :  Maraknya Kasus Pencurian Hewan Ternak Resahkan Warga Kecamatan Leuwisadeng

“Artinya kepercayaan masyarakat terhadap Unpak masih sangat tinggi. Mari jaga nama baik alamater kita tercinta, kiprah dan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa merupakan promosi bagi Universitas Pakuan,” papar rektor.

Unpak sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Bogor terus berupaya meningkatkan kinerja menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat baik nasional maupun global.

Dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran, Unpak alhamdulillah telah melaksanakan Pendidikan Berbasis Capaian atau yang biasa disebut Outcome Based Education (OBE) dan Internasionalisasi kampus.

Selain itu, kita juga sedang melaksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada semester ini, yang diamanatkan dalam permendikbud ristek No 41 Tahun 2021.

“Alhamdulillah, terdapat sebanyak 14 prodi yang telah memiliki izin penyelenggaraan RPL tersebut. Dalam pelaksanaan MBKM Unpak aktif melakukan pertukaran pelajar yang diikuti sebanyak 42 Mahasiswa, Magang di Industri sebanyak 77 mahasiswa, Penelitian 10 Mahasiswa, kegiatan kewirausahaan 4 orang, proyek kemanusiaan 51 mahasiswa, proyek independent 18 mahasiswa dan mahasiswa membangun desa sebanyak 83 mahasiswa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, rektor menyebutkan pada bulan September – Oktober 2023 lalu, Unpak di bawah koordinasi SEMEO telah melaksanakan kegiatan Sea-teacher, 3 orang mahasiswa dikirimkan ke Guimaras State University (GSU, Filipina, dan 2 orang mahasiswa dikirimkan ke Dong Thap University, Vietnam.

BACA JUGA :  Cemilan Kreasi dengan Bakso Rambutan Goreng yang Renyah Bikin Nagih

Kemudian, pada Oktober lalu untuk pertama kalinya Perpustakaan Pusat Unpak di bawah koordinasi Wakil Rektor bidang Akademik, mengikuti Akreditasi Perpustakaan, atas Upaya dan Kerjasama Yayasan Pakuan Siliwangi, Para Wakil Rektor, Kepala Perpustakaan Pusat serta dukungan dari perpustakaan fakultas, Perpustakaan Pusat Universitas Pakuan memperoleh Akreditasi Unggul,” sebutnya.

Hal tersebut merupakan pencapaian yang sangat membanggakan tentunya untuk kita semua.

Dalam bidang kemahasiswaan, tahun ini Unpak memperoleh hibah PPK Ormawa 4 team, P2MW 4 mahasiswa, dan PKM sebanyak 8 mahasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pada gelaran internasional, Unpak memperoleh beberapa prestasi yang membanggakan juga diantaranya adalah juara pertama Poster Competition Pada International Poster and Paper Competition at CFVG-HCM yang diselenggarakan oleh University of Economics HO Chi Minh City, Vietnam, September 2023,” ungkap rektor.

Penghargaan Outstanding Student Chapter Leadership Award pada 4th Asia Pacific Conference on Industrial Engineering and Operations Management diselenggarakan di Vietnam, 21 Oktober lalu.

============================================================
============================================================
============================================================