Kota Bogor Masuk Nominasi di Anugerah Layanan Investasi 2023

Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2023 di Shangri-La Hotel, Jakarta.

BOGOR-TODAY.COM – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2023 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (8/11/2023). Meski Kota Bogor belum mendapatkan juara, namun berhasil masuk nominasi dan mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

ALI Tahun 2023 dibuka langsung Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Maruf Amin didampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA :  Asa Timnas Indonesia Melaju ke Olimpiade Paris 2024

Dalam pidatonya, Wapres Maruf Amin mengemukakan, bahwa investasi menjadi instrumen vital bagi perekonomian Indonesia, terlebih di tengah dinamika global yang kian menantang. Keberadaannya tidak hanya menopang pembangunan berkelanjutan di negara ini, tetapi juga memberikan nilai tambah pada sumber daya alam yang dimiliki, meningkatkan daya saing bangsa serta menciptakan keadilan ekonomi dan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis untuk menggenjot realisasi investasi.

“Pertama, saat ini peningkatan realisasi investasi menjadi salah satu tema utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah harus semakin fokus dalam melakukan perbaikan iklim investasi yang dibarengi dengan perbaikan tata kelola dan reformasi birokrasi,” tegas Wapres.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Pimpin Apel Perdana, Ini Arahan Hery Antasari ke ASN

Menurutnya, aspek utama tata kelola yang harus terus diperkuat mencakup perencanaan dan penganggaran, proses bisnis, sumber daya manusia, teknologi informasi serta inovasi dan pengawasan.

Strategi kedua, sebut Wapres, pastikan bahwa investasi tidak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi, tetapi juga maslahat bagi isu-isu sosial, kebudayaan dan kelestarian lingkungan.

============================================================
============================================================
============================================================