Google
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COMTikTok semakin populer sebagai sumber informasi dan berita bagi Generasi Z, sementara posisi Google sebagai tempat pencarian berita mengalami penurunan.

Menurut penelitian Pew Research Center yang dilaporkan oleh Reuters, Kamis (16/11/2023), setengah dari penduduk dewasa Amerika Serikat mendapatkan berita mereka dari media sosial.

Survei yang melibatkan 8.842 responden menunjukkan bahwa 67 persen populasi AS masih menggunakan situs web atau aplikasi berita untuk mencari informasi.

BACA JUGA :  Kembang Kol Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Namun, media sosial semakin memegang peran sentral sebagai sumber berita, dengan Facebook menjadi platform paling populer (digunakan oleh 30 persen penduduk AS), diikuti oleh YouTube (26 persen), Instagram (16 persen), dan TikTok (14 persen).

Peran TikTok sebagai sumber berita semakin dominan, dengan 43 persen pengguna TikTok secara rutin mencari informasi dan berita di platform tersebut.

BACA JUGA :  Wilayah Garut Diguncang Gempa M 6,5, Getaran Terasa Hingga Bogor

Hal ini menandai peningkatan signifikan dari survei serupa pada 2022, di mana hanya 22 persen pengguna TikTok menggunakan platform tersebut sebagai sumber berita.

Posisi Facebook sebagai platform utama untuk mencari berita bertentangan dengan upaya perusahaan untuk mengurangi peredaran berita.

Di bawah tekanan untuk berkolaborasi dan membayar perusahaan berita, Facebook bahkan menghapus fitur berita di beberapa negara.

============================================================
============================================================
============================================================