Kuliah Umum Universitas Binaniaga Indonesia R Joko Sarjonoko: Pebisnis Tidak Cukup Jika Hanya Memiliki Otak Cerdas Tetapi Diharuskan juga Pandai Public Speaking

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Binaniaga Indonesia mengadakan acara kuliah umum seputar entrepreneur.

BOGOR-TODAY.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Binaniaga Indonesia mengadakan acara kuliah umum seputar entrepreneur.

Acara tersebut diadakan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Binaniaga Indonesia, Jumat, (24/11/2023). Tema yang ditetapkan adalah “Calling for Gen Z: How to Set Up a Smart and Creative Business in Digital Era (Technopreneur)”.

Pembicara yang hadir pada acara kali ini yaitu Bapak R. Joko Sarjanoko (Pengusaha sekaligus dosen Universitas Binaniaga Indonesia) dan Kang Ivan( HIPMI Kab Bogor) serta dimoderatori oleh Madam Kamilah Sa’diah yang juga sebagai dosen di Universitas Binaniaga Indonesia.

BACA JUGA :  Rayakan Idul Adha 1445 H, Bang HM Bagikan Daging Qurban

Selama acara berlangsung, ratusan mahasiswa dari kedua fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Informatika dan Komputer mengikuti acara kuliah umum tersebut.

Firgiawan Pratama selaku ketua pelaksana, dalam sambutannya memberikan tujuan mengapa acara tersebut diadakan.

“Suatu negara maju idealnya memiliki wirausahawan sekitar 12-14% dari jumlah penduduknya. Sedangkan di Indonesia sendiri, terhitung pada tahun 2022 baru memiliki sekitar 3,4% dan terlihat sangat jauh perbedaannya. Maka dari itu saya harap, dengan diadakannya kuliah umum ini kita dapat mengisi sisa persentase wirausahawan di Indonesia untuk menjadi negara yang maju.” ucapnya.

BACA JUGA :  Dikeroyok Sampai Ditusuk Sajam, Pemuda di Rejang Lebong Tewas

Joko Sarjanoko menyampaikan bahwa seorang pebisnis tidak cukup jika hanya memiliki otak yang cerdas, tetapi diharuskan juga pandai public speaking.

“Jadi pengusaha itu bukan cuma harus cerdas, tapi harus pandai public speaking dan juga perbanyak jaringan pertemanan. Karena saat kita ingin mulai usaha, orang yang pertama kali kita tawari adalah teman kita, lalu tetangga, dan juga sodara.” ujarnya.

======================================
======================================
======================================