Generasi Z
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial telah memberikan dampak besar pada cara Generasi Z untuk mencari dan mengakses informasi.

Generasi Z cenderung lebih tertarik pada konten visual jika dibandingkan teks. Oleh karena itu, platform seperti Instagram dan TikTok yang fokus pada gambar, video pendek, dan konten visual lainnya menjadi sangat populer.

Mereka cenderung mencari informasi yang disajikan dengan cara yang menarik secara visual.

Media sosial bukan hanya tempat untuk berinteraksi dengan teman, tetapi juga menjadi sumber informasi utama untuk Gen Z.

BACA JUGA :  PENYEBAB PEROKOK DI INDONESIA TERUS BERTAMBAH

Mengutip buku The Social Media Generation: Information Seeking Behaviors of Gen Z (Turner, 2021), dijelaskan bahwa platform seperti Instagram, TikTok, dan Twitter sering menjadi tempat pertama yang dikunjungi saat mencari berita atau informasi terbaru.

Meskipun media sosial memiliki peran dominan, mesin pencari seperti Google tetap menjadi sumber informasi yang penting.

Menurut Search Behaviors of Today’s Youth (Martinez, 2023), Generasi Z cenderung menggunakan kata kunci yang spesifik dan mengandalkan fitur otomatisasi seperti prediksi pencarian untuk mempercepat proses pencarian.

Seperti yang diungkapkan sejumlah pelajar di Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan survei, tim liputan bogor-today.com sebagian mereka lebih memilih media sosial untuk mencari informasi. Namun, tak sedikit juga dari mereka mencarinya di Google.

BACA JUGA :  Bandar Sabu di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Temukan Barbuk 57,78 gram

“Saya lebih memilih Google. Karena informasi di Google lebih jauh lebih jelas dan detail,” ujar Satrio, pelajar dari SMK Plus 1 Cibinong.

Hal senada juga dikatakan Laras dan Gilber. Menurut Mereka, saat mencari informasi di mesin pencarian Google dipastikan akan lebih akurat dan lengkap jika dibandingkan dengan media sosial.

============================================================
============================================================
============================================================