nataru

BOGOR-TODAY.COM – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (nataru) 2024, BNPB sedang bersiap untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi guna mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam melindungi seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M, mengungkapkan hal ini saat menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Persiapan Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada Senin (11/12), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 5 Mei 2024

Suharyanto menjelaskan bahwa menghadapi prediksi bencana hidrometeorologi basah hingga Februari 2024, BNPB mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2023.

Surat Edaran tersebut ditujukan untuk wilayah yang dilalui jalur mudik, terutama Provinsi Lampung, Bali, dan Provinsi-provinsi di Pulau Jawa, yang memiliki tingkat kerawanan bencana.

BACA JUGA :  Bocah 4 Tahun di Lampung Dicabuli saat Kejar Kucing Masuk Rumah Tetangga

Selain itu, BNPB juga merilis Peta Jalur Mudik Rawan Bencana agar masyarakat yang melakukan perjalanan dapat mengetahui tingkat kerawanan bencana di wilayah yang dilaluinya. Upaya ini disertai dengan pemberian dukungan tim BNPB di daerah tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================