Hujan meteor Geminid
Hujan meteor Geminid.

BOGOR-TODAY.COMHujan meteor Geminid akan menghiasi langit malam dan mencapai puncaknya dalam pekan ini. Periksa jadwal optimal untuk menyaksikan fenomena ini di Indonesia.

Geminid merupakan satu-satunya hujan meteor warna-warni yang dapat dinikmati dari Bumi tahun ini. Diperkirakan sebanyak 120 ‘bintang jatuh’ per jam akan terlihat selama puncak Geminid pada tanggal 13 dan 14 Desember.

Selama periode puncak Geminid, Bulan tidak akan tampak di langit malam, membuatnya menjadi “bintang jatuh” paling produktif pada tahun 2023 di Belahan Bumi Utara, menurut para ahli.

Aktif dari 19 November hingga 24 Desember setiap tahun, peristiwa tahunan ini mungkin kurang dikenal dibandingkan dengan hujan meteor Perseid yang memukau pada bulan Agustus, kemungkinan karena terjadi pada cuaca yang lebih dingin.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Namun, Geminid dianggap sebagai salah satu pertunjukan bintang jatuh terbaik tahun ini, dengan prediksi hingga 120 meteor per jam selama puncaknya, menurut American Meteor Society. Puncak Geminid diperkirakan terjadi pada pukul 20:00 EST tanggal 13 Desember.

Waktu ini relevan untuk Amerika Utara. Awalnya, bulan baru pada tanggal 13 Desember akan menciptakan langit yang sangat gelap selama puncak Geminid. Selain itu, titik radiant hujan meteor akan tinggi di langit setelah gelap. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk menyaksikan Geminid adalah pada puncaknya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 14 Mei 2024

Sementara itu, Planetarium Jakarta melaporkan bahwa puncak Geminid di Indonesia akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 14-15 Desember 2023.

Hujan Meteor Geminid aktif mulai tanggal 4 hingga 17 Desember 2023, dengan puncaknya pada tanggal 14-15 Desember 2023. Fenomena ini dapat diamati mulai pukul 20.05 WIB hingga Matahari terbit,” demikian keterangan dari akun resmi Planetarium Jakarta.

============================================================
============================================================
============================================================