Bolaang Mongondow Selatan Sulut Diguncang Gempa 5,4, Tak Berpotensi Tsunami

Bolaang Mongondow Selatan Sulut Diguncang Gempa 5,4

BOGOR-TODAY.COM – Telah terjadi bencana alam gempa bumi berkekuatan Magnitudo  5,4 mengguncang wilayah Pantai Selatan Kota Bolaang Uki, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (14/12/2023). Gempa terjadi pukul 08.05.52 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,02° LU ; 124,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Bolaang Uki, Sulawesi Utara pada kedalaman 102 km.

BACA JUGA :  Gegara Hal Sepele, Siswi SMP Kota Probolinggo Diperkosa 3 Pemuda secara Bergilir

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng pada sistem subduksi lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar- naik ( _oblique thrust_ ). Demikian disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bolaang Uki dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Bone Bolango,  Kotamobagu, dan Taliabu dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

======================================
======================================
======================================