Bappeda Kota Bogor Gelar Konsultasi Publik, Susun Rencana Pembangunan Daerah 2025-2026

Konsultasi publik rancangan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor menggelar konsultasi publik rancangan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Bogor di Ballroom, Hotel Salak the Heritage, Kamis (14/12/2023). RPD ini dibuat seiring dengan berakhirnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bogor di 2024.

“Hari ini forum konsultasi publik untuk rencana pembangunan daerah. Jadi ini tuh perencanaan yang dibuat di masa transisi, karena RPJMD Kota Bogor berakhir di 2024 dan kepala daerah juga berakhir di Desember 2023,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

Sekda mengatakan, masa transisi ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri). Pasalnya, RPJMD yang berakhir di 2024 perlu dibuat rencana transisi yang dinamakan RPD 2025-2026. Konsultasi publik yang dihadiri OPD, perguruan tinggi dan organisasi masyarakat ini untuk menerima masukan sekaligus mengevaluasi data serta permasalahan untuk penyempurnaan RPD.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

“Jadi kami buat target perencanaan secara makro untuk dua tahun ke depan, karena tidak boleh ada kekosongan perencanaan di masa transisi ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, di dalam RPD tidak dicantumkan visi misi karena visi misi secara politis dilahirkan dari kepala daerah terpilih. Pada penyusunan RPD ini pihaknya hanya menentukan target kinerja. Misalnya pada indikator penurunan kemiskinan, indikator laju pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

============================================================
============================================================
============================================================