Bawaslu
Bendera Partai di sekitar kawasan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor berkomitmen untuk melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di sepanjang kawasan Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dalam dua pekan kedepan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin, menyatakan bahwa mereka akan menegakkan peraturan dengan berkolaborasi dengan pihak terkait dalam rangka penertiban APK yang terdapat di zona terlarang atau zona bersih.

“Kami berencana untuk mengumpulkan informasi dari sumber di lapangan dalam dua minggu ini sebelum bekerja sama untuk mengambil tindakan,” ujar Burhanudin, Selasa (19/12/2023).

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), kawasan Tegar Beriman merupakan fasilitas umum yang dilarang untuk dipasangi APK.

BACA JUGA :  Jaro Ade Mendengar (Jangar), Petani Keluhkan Pupuk Mahal

Peraturan ini mencakup berbagai bentuk, seperti baliho, spanduk, umbul-umbul, rontek, brosur, sticker, kalender, bendera dan sejenisnya, yang sudah dijelaskan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor.

“Model Tegar Beriman tetap dianggap sebagai zona larangan berdasarkan SK KPU, karena sifatnya sebagai fasilitas umum,” jelasnya.

Burhanudin menyatakan bahwa Bawaslu terus berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk melakukan pemantauan lebih lanjut. Ia menambahkan bahwa sebelum melaksanakan penertiban, Bawaslu akan memberikan teguran, didukung oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Saat ini, kami masih memantau dugaan pelanggaran terkait alat peraga kampanye yang dipasang di lokasi tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA :  PJ Gubernur Jabar Beri Sinyal Dukungan DPRD Kota Bogor Semangat Perjuangkan Pengesahan Raperda Pinjol

Selain teguran, sanksi pidana dan administratif akan diberlakukan jika ada partai atau calon yang melanggar ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan.

“Undang-undang Nomor 7 memiliki dua larangan utama, yaitu terlibat langsung dalam kampanye dan membuat keputusan atau tindakan terkait kampanye. Pasal 4 ayat 93 mengatur sanksinya, yaitu pidana penjara selama 1 tahun dan denda sebesar 12 juta rupiah,” tuntasnya.

Sementara itu, pantauan bogor-today.com, terlihat bendera-bendera partai masih tersebar di berbagai area jalan kawasan Tegar Beriman, dipasang menggunakan bambu. ***

Penulis : Mutia Dheza Cantika

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================