Ini Lho Perbedaan Spesifikasi iPhone 15 Plus dan iPhone 15

Sumber foto: Blibli.com

BOGORTODAY.COM – Pada pertengahan September 2023 lalu, Apple merilis empat tipe iPhone 15, di antaranya adalah iPhone 15 Plus dan iPhone 15. Dari segi desain, kedua tipe tersebut memiliki model yang hampir sama. Begitu juga dengan spesifikasi iPhone 15 Plus yang tampak sama dengan iPhone 15. Keduanya hadir dengan layar berponi dengan fitur terbaru Dynamic Island, mengusung chipset terbaru, kamera utama dengan resolusi sebesar 48 MP, dan sistem operasi menggunakan iOS 17. Lantas, apa yang membedakan kedua tipe tersebut? Yuk, simak penjelasan detailnya di sini.

Perbedaan Spesifikasi iPhone 15 Plus dan iPhone 15

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hadir dengan rangka bodi kombinasi kaca berwarna dan aluminium yang kokoh. Keduanya juga dilengkapi dengan fitur ring/silent switch yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Namun jika diperhatikan lebih jauh, ternyata terdapat perbedaan antara spesifikasi iPhone 15 Plus dengan iPhone 15, seperti berikut ini.

1.      Layar

Baik iPhone 15 atau iPhone 15 Plus, keduanya hadir dengan jenis panel layar yang sama menggunakan Super Retina XDR OLED Display HDR 10. Jenis layar ini memiliki refresh rate 60 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2000 nits, aspek rasio sebesar 19.5:9, dan dilengkapi dengan Dolby Vision. Namun, keduanya memiliki resolusi layar yang berbeda. Resolusi iPhone Plus lebih tinggi, yaitu 1290 x 2796 piksel, sedangkan iPhone 15 sebesar 1179 x 2556 piksel.

BACA JUGA :  DINAMIKA PILKADA KABUPATEN BOGOR KERING IDE DAN GAGASAN

2.      Dimensi

Perbedaan yang tampak mencolok terlihat pada ukuran layarnya. iPhone 15 Plus hadir dengan layar lebih besar berukuran 6,7 inci, sedangkan iPhone berukuran 6.1 inci. Ukuran layar tersebut memengaruhi ukuran bodi keduanya. iPhone 15 Plus memiliki dimensi 160,9 x 77,8 x 7,8 mm dengan bobot 201 gram. Sedangkan iPhone tampil elegan dengan ukuran 147,6 x 71,6 x 7,8 mm dengan bobot 171 gram.

3.      Chipset

Kedua tipe iPhone 15 ini mengusung prosesor yang sama, yaitu A16 Bionic chip. Chipset ini memiliki 6 core pada CPU dengan 2 performance dan 4 efficiency cores. Didukung juga dengan GPU 5 core dan Neural Engine 16 core. Chip berkualitas super cepat tersebut, baik pada iPhone 15 ataupun iPhone 15 Plus mendukung berbagai program aplikasi multitasking dengan mudah dan transisi Dynamic Island lancar untuk berinteraksi lebih cepat. Chip juga mampu menjalankan beragam fitur fotografi canggih dan isolasi suara untuk panggilan telepon. Chip ini juga mendukung efisiensi penggunaan baterai jadi lebih hemat.

4.      RAM

Baik iPhone 15 Plus ataupun iPhone 15 dibekali dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan yang sama. Kinerja keduanya bekerja dengan RAM 6 GB yang mampu mendukung kecepatan chip A16 Bionic. Tersedia 3 opsi ruang penyimpanan, yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan pekerjaan. Tiga opsi tersebut sudah cukup luas menampung berbagai dokumen dan aplikasi tersimpan, serta mampu bekerja responsif menghadirkan data yang Anda butuhkan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Bus Pariwisata Angkut Puluhan Penumpang di Kulonprogo

5.      Fitur

iPhone 15 Plus dan iPhone 15 hadir dengan fitur Dynamic Island di bagian atas layar. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses cepat aplikasi-aplikasi yang aktif digunakan. Anda hanya perlu sentuh dan tahan untuk memperluas aktivitas dan melihat lebih detail. Untuk memperkecil Dynamic Island, Anda hanya perlu menggesek dari arah kanan atau kiri ke arah tengah. Begitu pula jika ingin beralih antara dua aktivitas aktif, hanya perlu menggesek dari satu sisi ke sisi lainnya saja. Selain itu, tersedia fitur memo suara yang sedang berlangsung, koneksi AirDrop, emergency SOS via satelite, konektivitas USB-C support USB 2, water resistant hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit, dan kompatibel dengan penggunaan MagSafe. Pada daya tahan baterai, iPhone 15 Plus mampu bertahan hingga 26 jam untuk pemutaran video, sedangkan kemampuan baterai iPhone 15 lebih bertahan hingga 20 jam untuk pemutaran video.

Nah, itulah perbedaan spesifikasi iPhone 15 Plus dan iPhone 15 yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Semua tipe iPhone 15 bisa Anda dapatkan di Blibli, marketplace terlengkap dan terbesar yang menyediakan beragam gadget pilihan terbaik.

Beli iPhone 15 Plus di Blibli terjamin keasliannya. Anda bisa mengajukan klaim jika produk yang diterima tidak sesuai deskripsi tertera. Penukaran barang akan diurus oleh Blibli dengan biaya kirim gratis.

============================================================
============================================================
============================================================