35 Wasit Liga 1 Ikut Pelatihan VAR, Sepak Bola Indonesia Meningkat?

Pelatihan VAR untuk wasit di Liga 1. (Foto: Dok. PT LIB)

BOGOR-TODAY.COM – PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali menyelenggarakan pelatihan video assistant referee (VAR) untuk para wasit selama masa libur Liga 1 musim kompetisi 2023/24. Pelatihan ini diikuti oleh 35 wasit dan 16 Replay Operator (RO) di Jakarta, pada 319 Januari 2024.

Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Training Phase 2.1 tahap ketiga yang telah berlangsung pada Desember 2023 lalu. Selama pelatihan ini, para peserta mempelajari aspek teknis dan protokol untuk menggunakan VAR dan juga praktik menggunakan simulator.

BACA JUGA :  Hasil Pertandingan Thomas Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia vs India 4-1

Pelatihan lanjutan berlangsung dalam dua kelompok. Grup A berlangsung dari tanggal 311 Januari dan melibatkan enam wasit, 11 asisten wasit dan tujuh RO. Pelatihan Grup B, disisi lain, berlangsung dari 11-19 Januari dan melibatkan tujuh wasit, 11 asisten wasit, dan delapan RO.

Seperti pada pelatihan VAR sebelumnya, kali ini Tamer Dorry (Mesir) dari FIFA berpartisipasi sebagai instruktur. Florencia Silvetti dan Tiren Nastran dari Hawk-Eye Innovations, sebagai penyedia teknologi VAR turut berpartisipasi.

BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Menang Telak 5-0

Selama pelatihan ini, materi dibagikan mengenai penggunaan VAR dalam berbagai situasi, termasuk gol, penalti, kartu merah, dan kesalahan identifikasi. Materi tentang cara menggunakan VAR secara efektif dan efisien juga dibagikan.

Direktur Operasional LIB Asep Saputra mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan keterampilan wasit dan RO dalam menggunakan VAR. Ujungnya, dia berharap kualitas laga sepak bola di Indonesia juga meningkat.

============================================================
============================================================
============================================================